Siaga Fenomena La Nina, Begini Doa Paling Lengkap Ketika Hujan

Sabtu, 06 November 2021 15:16 Redaksi TipSmart

Siaga Fenomena La Nina, Begini Doa Paling Lengkap Ketika Hujan

 

Koropak.co.id - Akhir-akhir ini, kita semua sedang menghadapi musim pancaroba. Bersamaan dengan itu, hujan yang intensitasnya tinggi terus tejadi.

Kondisi ini tidak terlepas dari adanya La Nina. Ini merupakan fenomena mendinginnya Suhu Muka Laut (SML) di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur hingga melewati batas normalnya. Dampaknya, sirkulasi udara global yang mengakibatkan udara lembab mengalir lebih kuat dari Samudra Pasifik ke arah Indonesia.

Seperti disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiksika (BMKG) yang mengingatkan masyarakat agar waspada dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem yang terjadi hampir di semua provinsi di Indonesia dalam sepekan ke depan.

"BMKG memonitor bahwa perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, di mana saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat 5 November 2021.

 

Baca : Kejarlah Doa Saat Hujan Turun, Ini Doa yang Diajarkan Nabi

 

Ketika hujan terjadi, apalagi disertai petir yang menggelegar, sebaiknya seorang muslim memanjatkan doa. Karena, saat hujan terjadi merupakan salah satu dari waktu yang dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Mengutip laman republika.co.id, disebutkan bahwa Imam Syafi'i telah meriwayatkan dalam kitab al-Umm dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan."

Masih di laman yang sama, menuliskan saduran doa yang diajarkan oleh para ulama berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini adalah doa-doa yang dianjurkan dibaca ketika hujan turun.

Doa ketika turun hujan

“Allahumma shayyiban nafi’an."

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).


Doa ketika takut bahaya hujan lebat

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim)


Doa setelah turun hujan

"Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi."

Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini