Keutamaan, Amalan dan Doa di Hari Jumat

Jum'at, 05 November 2021 16:38 Redaksi NewSmart

Keutamaan, Amalan dan Doa di Hari Jumat

 

Koropak.co.id - Mayoritas orang Indonesia beragama Islam. Dan bagi kaum muslim, hari Jumat adalah hari yang agung dan banyak keutamaan.

Banyak dalil ulama menyebut hari Jumat itu adalah pemimpinnya hari di antara hari-hari dalam sepekan. Maka pantas, bagi kalangan pendidikan Islam, menjadikan Jumat ini adalah hari libur.

Tentang keistimewaan hari Jumat, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah dan diakui keabsahannya oleh banyak ahli hadis, bahwasannya Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam, bersabda:

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan sholat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu." (Muttafaqun Alaih).

Berbicara amalan tentang hari Jumat, dikutip dari laman tebuireng.online, memuat tulisan Fani Inganati yang menjelaskan tentang amalan di Hari Jumat yang penuh berkah.

Disebutkan bahwa, di antara tujuh hari yang Allah anugerahi setiap harinya itu, terdapat satu hari yang disebut-sebut menjadi hari yang paling membawa berkah yaitu hari Jumat.

Ada enam amalam yang sangat baik dilakukan kaum muslim. Amalan dan doa ini tentunya bagian dari sunnah Nabi Muhammad SAW dan menjadi perantara amal ibadah kita kepada-Nya.

Pertama, membaca surat Al Kahfi.

Membaca surah Al Kahfi dapat dilakukan pada malam atau siang hari di Hari Jumat.

Fadhilahnya adalah Allah SWT akan memberikan ketenangan hati untuk satu minggu kemudian.

Ketenangan hati ini berguna dalam setiap pekerjaan yang terkadang memberatkan dan membutuhkan kesabaran.

Seperti yang disampaikan dalam Hadis HR. Hakim.

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim)

Amalan kedua, yaitu bershalawat.

Membaca shalawat sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan, selain untuk bekal kelak di hari kiamat, nanti shalawat juga bisa memudahkan dalam mendapatkan suatu kebaikan.

Istilahnya, bacaan sholawat menjadi perantara hadirnya kebaikan. Shalawat apapun bisa diamalkan baik hanya Allhumma allahumma sholli ala sayyidina muhammad ataupun sholawat lainnya.

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (HR. Abu Daud no.1047 hadits shahih).

Ketiga, bersedekah.

Siapa yang meragukan fadhilah sedekah. Keutamaan menyisihkan harta ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, untuk berlatih istikamah bersedekah, bisa dilakukan setiap hari Jumat.

Keempat, membersihkan diri.

Membersihkan diri merupakan sunah Rasul. Membersihkan diri, mandi sunnah dengan niat menghadiri sholat Jumat, membesihkan kuku, memotong rambut, memakai wangi-wangian dan memakai baju putih menjadi amalan baik sebelum melaksanakan sholat Jumat.

Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kelima, Salat Jumat

Bagi kaum adam shalat Jumat menjadi kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan, sampai ada ancaman, apabila telah meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali maka tergolong orang yang fasiq.

Keenam, Salah Satu Waktu Mustajab

Ternyata, di antara sebagian banyak waktu yang doanya diistijabah atau dikabulkan adalah sepanjang hari Jumat ini. Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW,

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Dikutip dari beberapa sumber, ada sejumlah doa yang diajarkan oleh para ulama untuk memanfaatkan hari Jumat ini. Di antaranya adalah doa memohon keberkahan.

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

"Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

 

Baca pula :

1. Inilah Keutamaan, Tata Cara dan Doa Salat Duha

2. Halo November, Inilah Doa Terbebas dari Utang

3. Kejarlah Doa Saat Hujan Turun, Ini Doa yang Diajarkan Nabi