Ketahui 4 Kebiasaan Ini, Agar Kamu Tidak Boros Duit

Kamis, 28 Oktober 2021 14:30 Eris Kuswara NewSmart

Ketahui 4 Kebiasaan Ini, Agar Kamu Tidak Boros Duit

 

Koropak.co.id - Memiliki kcerdasaan finansial bagi para milenial adalah keharusan. Mengelola keuangan agar dapat merencanakan masa depan sesuai harapan.

Hai, pernahkah kamu merasa mengapa uang kalian begitu cepatnya habis? Coba deh kamu ingat lagi, apa saja aktivitas yang dilakukan.

Harus diakui memang, ada beberapa kebiasaan berlebihan yang sering dilakukan anak muda dan itu bisa membuat boros keuangan. Walhasil, duit bulanan pun akan cepat terkuras habis dari dompet.

Terlebih lagi jika kalian sudah memiliki penghasilan sendiri, beberapa orang akan begitu mudah tergoda dalam melakukan sejumlah hal yang sebenarnya membuat boros.

Tanpa disadari kelakuan itu dapat mengurangi pundi-pundi rupiah yang seharusnya bisa ditabung. Tapi kenyataan yang ada, kerap kekurangan memenuhi kebutuhan yang sifatnya wajib.

Nah, agar kedepannya kalian tidak menjadi sosok yang boros lagi, maka kalian perlu mengetahui apa saja kebiasaan yang membuat boros namun sering kali dilakukan.

Berikut 4 kebiasaan yang membuat boros dan sering kali dilakukan sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis 28 Oktober 2021 :

1. Nongkrong

Nongkrong menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh anak muda. Aktivitas ini sendiri biasanya dilakukan setelah pulang kerja atau saat hari libur tiba.

Sebenarnya tidak menjadi masalah jika nongkrong itu dilakukan sesekali, sehingga hal itu tidak akan terlalu berpengaruh pada pengeluaran kita.

Namun, jika dilakukan hampir setiap malam, siap-siap saja dompet dan tabungan di ATM kalian pun lambat laun bisa menipis.

Oleh sebab itulah, cobalah untuk berpikir kembali sebelum akhirnya memutuskan untuk nongkrong bersama teman-teman, sahabat atau keluarga.

2. Langganan Paket Unlimited

Siapa nih yang mudah tergoda dengan promo paket data murah yang ditawarkan oleh provider?

Jika itu terjadi padamu, artinya mulai dari sekarang kamu harus bisa menahan diri agar tak mudah tergoda.

 

Baca : Gaya Hidup yang Salah Buat Anda Boros

Bukan hanya promo saja, tak jarang pihak provider juga akan turut memberikan penawaran kuota unlimited yang semakin membuatmu tergoda untuk membelinya. Alangkah baiknya kamu membeli paket data sesuai dengan kebutuhanmu saja.

3. Beli Barang Bermerek

Saat awal bulan tiba, biasanya beberapa orang suka iseng dengan membuka aplikasi belanja online yang menawarkan sejumlah produk, mulai dari yang biasa hingga yang branded atau bermerek.

Tampilannya yang menawan inilah sering kali membuat orang-orang tergoda untuk membelinya.

Misalnya saja jam tangan mewah, sepatu atau tas branded. Padahal, belum tentu barang-barang itu kita butuhkan.

Cobalah untuk menahan diri agar tak gampang tergoda untuk membeli barang bermerek agar niatan kamu untuk menabung bisa tetap terjaga.

4. Sering Jajan atau Beli Boba

Saat ini, aneka jajanan atau cemilan begitu mudahnya kita temui di setiap sudut kota dan pinggir jalan.

Tampilannya yang warna-warni serta bentuknya yang unik itu sering kali menggugah selera dan "mengundang" kita untuk membelinya.

Bukan hanya jajanan, aneka minuman kekinian seperti boba pun kerap kali membuat kita tergoda untuk membelinya.

Jika kamu memiliki kebiasaan seperti itu, sudah saatnya kebiasaan itu untuk dirubah secara perlahan-lahan.

Selain dikarenakan faktor kesehatan, kamu juga harus berpikir jika terlalu sering jajan dan membeli minuman boba, bisa membuat dompet kamu menipis secara perlahan-lahan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini