853 Mahasiswa Kesehatan Seluruh Indonesia Ikuti Webinar SLOPH

Kamis, 28 Oktober 2021 09:57 Eris Kuswara Kuliah

853 Mahasiswa Kesehatan Seluruh Indonesia Ikuti Webinar SLOPH

 

Koropak.co.id - Webinar Study Learning Of Public Health (SLOPH) Himpunan Kesehatan Masyarakat (Hima Kesmas) Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Kota Tasikmalaya sukses digelar.

Ketua Pelaksana SLOPH Hima Kesmas Unsil Alissa Nurul Haq mengungkapkan, kesuksesan webinar tersebut berkat peran serta berbagai pihak.

"Alhamdulillah kegiatan seminar nasional yang digelar secara daring sukses," katanya melalui sambungan telepon, Kamis 28 Oktober 2021.

Kegiatan itu mengusung tema: kesehatan masyarakat sebagai garda terdepan pemulihan kesehatan negara. Ratusan mahasiswa kesehatan dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan ini.

Alissa mengatakan, yang menjadi perbedaan dari webinar kali ini hanya terletak pada pembahasan materinya yang cukup luas. Meliputi upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemegang kebijakan dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Pembahasan lain, kata dia, seperti hal-hal teknis di lapangan yang dilakukan oleh CISDI dalam Program PUSPA JABAR, hingga sukarelawan yang menyediakan platform berisi informasi Covid-19 melalui media sosial Instagram.

 

Baca : Hima Kesmas Unsil Gelar Webinar Nasional Berpatokan Satuan Kredit Profesi

Melalui tema tersebut dapat melahirkan juga sub-tema dalam pembahasan webinar. Misalnya, penguatan sistem pelayanan kesehatan saat pandemi Covid-19, pengembangan inovasi kesehatan masyarakat saat penanganan Covid-19 dan Komunikasi publik dalam menghadapi Covid-19.

Ia menambahkan, tiga pemateri hebat dihadirkan untuk mengisi acara webinar SLOPH tersebut. Di antaranya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dr. drg. Marion Siagian, M. Epid., Program Officer PUSPA - CISDI, Deni Frayoga S.K.M dan Content Creator @publichealthina, Kristian Yudhianto S.K.M.

"Meski target yang kami tetapkan sebanyak 200 peserta, namun alhamdulillah dalam realisasinya, mayoritas peserta webinar SLOPH adalah mahasiswa kesehatan masyarakat dari seluruh Indonesia dengan jumlah peserta yang hadir mencapai 853 orang," tambahnya.

Persiapan acara ini selama 2 bulan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Sementara untuk anggaran masih dalam tahap audit.

"Dalam pelaksanaannya juga alhamdulillah tidak ada kendala dan hambatan yang berarti. Hanya ada hal-hal ringan yang bersifat teknis saja, karena ini dilaksanakan secara daring via Zoom Cloud Meetings," imbuhnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menambah ilmu dan wawasan serta membawa kebermanfaatan bagi semuanya dan berharap juga agar acara SLOPH bisa diadakan kembali di tahun depan dengan konsep dan pelaksanaan yang jauh lebih baik dan menarik.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini