Hima Kesmas Unsil Gelar Webinar Nasional Berpatokan Satuan Kredit Profesi

Senin, 04 Oktober 2021 15:23 Eris Kuswara Kuliah

Hima Kesmas Unsil Gelar Webinar Nasional Berpatokan Satuan Kredit Profesi

 

Koropak.co.id - Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Hima Kesmas) Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Kota Tasikmalaya bersiap menggelar kegiatan Webinar Study Learning Of Public Health (SLOPH), Sabtu (16/10/2021) nanti.

Sebagai informasi, kegiatan SLOPH ini merupakan Webinar Nasional yang mengacu pada Satuan Kredit Profesi (SKP). Kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan ilmiah masyarakat.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dengan kegiatan itu diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan dinamika ilmiah, wawasan dan informasi mengenai kesehatan.

Ketua Pelaksana Webinar SLOPH, Alissa Nurul Haq mengatakan, melalui webinar SLOPH tersebut, masyarakat akan mengetahui, mengenal dan mendalami lebih jauh mengenai peran kesehatan masyarakat dalam upaya pemulihan pandemi Covid-19 dari berbagai sektor.

"Ini merupakan kegiatan untuk yang kedua kalinya bagi program kerja SLOPH yang dikemas dalam bentuk webinar," kata Alissa saat berbincang bersama Koropak melalui sambungan telepon WhatsApp, Senin (4/10/2021).

Tahun 2021 ini, kata dia, panitia mengusung tema, 'Kesehatan Masyarakat sebagai Garda Terdepan Pemulihan Kesehatan Negara.'

Semua unsur masyarakat bisa mengikuti kegiatan ini. Baik itu dari organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi masyarakat sipil serta platform dalam menyikapi hal tersebut.

Alissa menjelaskan, pada Webinar SLOPH 2021 ini, ada 3 fokus bahasan yang akan disajikan diantaranya penguatan sistem pelayanan kesehatan saat pandemi Covid-19, pengembangan inovasi kesehatan masyarakat saat penanganan Covid-19 dan komunikasi publik dalam menghadapi Covid-19.

 

Baca : Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya Sukses Gelar Kegiatan WATER

"Sasaran dari kegiatan ini adalah Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Sarjana Kesehatan Masyarakat, Magister Kesehatan Masyarakat serta Masyarakat Umum se-Indonesia," katanya.

Meski dilakukan secara virtual, namun pihaknya membatasi jumlah peserta. "Kami tetapkan dalam webinar kali ini sebanyak 200 peserta," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, yang menjadi perbedaan kegiatan tahun ini dengan sebelumnya terletak pada tema yang diusung. Jika tahun lalu Hima Kesmas Unsil mengambil tema tentang Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Melakukan Edukasi di Era New Normal, kini untuk tema yang diambil adalah Peran Kesehatan Masyarakat dalam Pemulihan Kesehatan Negara.

"Jadi memang tema yang diambil di tahun ini adalah lebih mencakup kepada kesehatan masyarakat secara umum dan luas dalam penanganan Covid-19," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya berharap seluruh peserta dari berbagai latar belakang yang berbeda dapat berkontribusi dan bergerak aktif dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang kali ini sesuai porsinya masing-masing.

"Kemudian juga mereka dapat mengerti peran kesehatan masyarakat secara utuh dalam upaya pemulihan kesehatan negara," katanya.

Ia juga mengajak kepada semua masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan jangan lupa bagi yang belum untuk segera di vaksin. Dalam pandangannya, pandemi Covid-19 dapat berakhir jika seluruh elemen masyarakat sadar, paham dan melakukan arahan dari Pemerintah dengan baik.

"Semoga kegiatan Webinar SLOPH ini dapat memicu kepedulian dari seluruh peserta, sehingga bisa lahir upaya hebat lainnya, meskipun sekecil apapun itu, sesederhana patuh terhadap protokol kesehatan," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini