Ingin Hubungan Harmonis? Terapkan 5 Bahasa Cinta Untuk Pasanganmu

Jum'at, 24 September 2021 16:44 Aisya Kartika TipSmart

Ingin Hubungan Harmonis? Terapkan 5 Bahasa Cinta Untuk Pasanganmu

 

Koropak.co.id - Pernahkah kamu memberi sesuatu kepada pasanganmu? Atau meminta sesuatu dari pasanganmu?

Seringkali banyak orang yang tidak paham mengenai pentingnya love languages. Meski penting, namun ada batasan yang memang harus dijaga.

Tak jarang, kamu mungkin menemukan seorang wanita atau pria menuntut ingin dibelikan sesuatu kepada pasangannya dengan alasan kebahagiaan karena bersamanya.

Namun tahu kah kamu, bahwa take and give merupakan hal penting yang juga harus diperhatikan.

Berbicara mengenai love languages, berikut ini 5 love languages menurut Dr. Gary Chapman penulis buku The Five Love Languages, menjelaskan bahwa bahasa cinta adalah perilaku yang membuat kamu merasa dicintai.

1. Physical touch (Sentuhan Fisik)

Salah satu hal yang membuat pasangan merasa dicintai adalah sentuhan fisik, sentuhan fisik tak melulu soal hubungan intim.

Seringkali rangkulan kala pasanganmu merasa sedih, mengelus kepala dikala pasanganmu merasa lelah, hingga bergandeng tangan ketika menikmati waktu bersama, sudah cukup untuk memenuhi poin yang satu ini.

Terkadang, ketimbang menerima ucapan "I love you", pasanganmu akan jauh lebih merasa bahagia ketika diberi pelukan dan kecupan pada keningnya. Karena dengan tindakan seperti itu, pasanganmu akan merasa dicintai.

2. Quality Time (Menghabiskan Waktu Bersama)

Menghabiskan waktu bersama merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh sepasang kekasih tertama ketika telah menikah. Quality time memang merupakan tindakan yang mudah dimengerti namun seringkali disalah artikan.

 

Baca : Kamu Generasi Milenial? Pahami 6 Hal Ini Agar Sukses di Masa Depan

Quality time, bukan berarti kamu dan pasanganmu menghabiskan waktu bersama tanpa melakukan apapun. Kamu juga pasanganmu dapat menggunakan kesempatan ini untuk berbincang seperti deep talk mengenai hubungan dan mempererat chemistry.

Jadi bukan hanya perihal waktu yang dihabiskan bersama, melainkan juga perhatian yang dicurahkan pada pasangan satu sama lain, selain Quality Time mungkin kegiatan ini juga tepat disebut dengan quality attention.

3. Acts of Service (Bantuan yang Tulus)

Ketulusan merupakan hal yang harus diterapkan dalam sebuah hubungan, jika kamu memilih untuk berhubungan dengan seseorang maka bahasa cinta yang satu ini akan membuat pasanganmu merasa bahagia.

Cukup dengan membantu mulai dari hal hal sederhana, cukup dengan tindakan yang tidak seberapa seperti membantu mengambilkan buku di rak yang tinggi, mengangkat kardus yang cukup berat, membawakan bekal makanan, merupakan hal yang membuat pasangan merasa dicintai dan diperhatikan.

Acts of Service merupakan tindakan yang menunjukan rasa cinta dan perhatian dalam bentuk yang nyata dan konkret. Tentunya tak perlu repot berkata kata, jika kamu melakukan hal ini pada pasanganmu, maka pasanganmu akan merasa sangat dicintai.

4. Words of Affirmation (Kata Kata Positif)

Bahasa cinta yang satu ini lebih dominan dilakukan dan tentunya penting sekali untuk diterapkan. Menggunakan bahasa-bahasa yang lembut, seperti pujian, support, dan kata kata cinta dapat membuat hubungan terasa lebih nyaman dan hangat juga meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Meski seringkali pasanganmu mengetahui bahwa kamu mencintainya dengan tindakanmu padanya, namun tak ada salahnya jika kalimat kalimat cinta juga kamu berikan.

Tak sulit kamu katakan kalimat, seperti, "Terimakasih ya sayang sudah kuat dalam mengurus buah hati kita," "Selamat pagi cantik/ganteng, semoga harimu indah." Atau, "Jangan khawatir, aku selalu ada untuk kamu, coba sini ceritakan masalahmu".

Dengan tindakan tersebut, tentu pasanganmu akan merasa dicintai dan dipedulikan olehmu. Ingat, kamu tidak memerlukan biaya mengatakan hal demikian. Hanya perlu ketulusan menyampaikannya, dengan hatimu tentunya.

5. Receiving Gifts

Ini adalah bahasa cinta yang seringkali disalahartikan. Memberi dan menerima hadiah dari pasangan merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan karena dengan demikian pasanganmu akan merasa bahwa dia adalah orang yang istimewa, dihargai dan dicintai.

Namun, perlu diingat tindakan ini didasari atas ketulusan, tak semua tindakan ini disebut matrealistis, jika pasanganmu memberi maka terima dan beri feedback yang sama sesuai dengan kesanggupanmu.

Begitupun denganmu yang menerima hadiah, jangan memanfaatkan keadaan pasanganmu dengan meminta atau menuntut pasanganmu untuk memberikanmu sesuatu yang kamu mau dengan alasan bukti cintanya padamu.

Dalam hal ini take and gift harus seimbang, tak melulu soal barang, take and gift dalam bentuk kasih sayang dan perhatian juga merupakan hal yang dapat kamu lakukan.

Itulah 5 bahasa cinta yang bisa kamu terapkan dalam hubunganmu agar lebih harmonis. Apakah kamu sudah menerapkan 5 hal tersebut?.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini