SMPN 6 Kota Tasikmalaya Siap Ikuti Anugrah Adiwiyata Tingkat Nasional

Selasa, 31 Agustus 2021 18:22 Sopyan Saori Sekolah

SMPN 6 Kota Tasikmalaya Siap Ikuti Anugrah Adiwiyata Tingkat Nasional

 

Koropak.co.id - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Tasikmalaya tengah mempersiapkan diri mengikuti seleksi sekolah Adiwiyata tingkat nasional mewakili Kota Tasikmalaya. Dalam penghargaan ini, SMP N 6 Tasikmalaya akan bersaing dengan 6 sekolah lainnya.

Kesiapan SMPN 6 Kota Tasikmalaya untuk mengikuti anugerah sekolah Adiwiyata tingkat nasional tersebut seperti yang diungkapkan kepala sekolahnya, Nanang. Menurutnya, SMPN 6 sudah mendapatkan anugrah sekolah Adiwiyata tingkat kota dan propinsi. Untuk itu, pihaknya yakin bisa masuk sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

"Alhamdulillah, untuk tingkat kota dan provinsi kita pernah mendapatkan anugrah tersebut, dan kami siap untuk mengikuti anugrah Adiwiyata tingkat nasional," terang Nanang, Selasa (31/8/2021).

 

Baca : Ingin Menjadi Anggota PMR? Yuk Ketahui Apa Saja Tugasnya

Ia menambahkan, ada dukungan dan antusias dari warga sekolah dan warga lingkungan luar sekolah, yang membuat pihaknya optimis bisa mewakili Kota Tasikmalaya ke tingkat Nasional. "Kami memiliki guru guru yang semangat dan antusias. Kami juga telah berintegrasi dengan pihak warga sekitar untuk sama sama menjaga lingkungan, terutama sekolah berbasis lingkungan," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, SMP N 6 Kota Tasikmalaya mendapat kunjungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya yang diwakili oleh Sekdis DLH, Kabid dan jajaran lainnya. Pihak Dinas sempat melihat lihat kondisi sekolah berbasis lingkungan guna mendukung kelayakan sekola mendapatkan anugrah Adiwiyata tingkat Nasional.

Sekdis DLH Kota Tasikmalaya, Mujadi, mengatakan, SMP N 6 Kota Tasikmalaya, layak mewakili Kota Tasikmalaya ke tingkat nasional, apalagi, SMP N 6 diketahui sudah mendapatkan anugrah Adiwiyata tingkat daerah dan provinsi. "Ini sangat bagus sekali, sudah siap ini kelihatannya. Ini kan sekarang masuk tingkat Nasional, tentu tingkat kota dan provinsi sudah dilewati," terang Mujadi.

Namun. lanjut Mujadi, bukan hanya SMP N 6 saja yang akan mewakili Kota Tasikamalaya, ada 6 sekolah lagi. Namun demikian, siapapun yang nantinya akan mewakili Kota Tasikmalaya, tentu akan bedampak positif bagi Pemerintaha Kota itu sendiri. "Ya ada seleksi nanti, ada sekitar 7 sekolah, salah satunya SMP N 6 ini," tambah Mujadi.

Sementara Kabid LH, Iwan Setiawan, menyarankan agar pihak sekolah memperhatikan bagian sudut belakang sekolah. Menurutnya, kalau nampak depan semuanya sudah memenuhi syarat dan kriteria, namun untuk sudut belakang harus diperbaiki dan dibenahi lagi.

"Untuk pojok belakang memang suka tidak terperhatikan, untuk itu, sebisa mungkin dibenahi dan diperhatikan, takutnya nanti pas ada pemeriksaan, nanti melihat kebelakang. Kalau tampak muka sudah bagus, nah kalau kebelakang nanti gimana," sarannya.

Seperti diketahui, sekolah yang berhak mengikuti anugrah Adiwiyata yakni memiliki syarat sekolah berbasis lingkungan. Dari hal tersebut, SMP N 6 Kota Tasikmalaya, sesuai pantauan di lokasi memiliki kriteria tersebut, seperti memiliki ruang terbuka hijau, taman kolam, taman literasi, resapan air, biopori dan tempat pengolahan sampah menjadi popok kompos.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini