Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya

Rabu, 07 Maret 2018 11:25 Kemala Adiyatma Ponpes

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya

Bentuk Generasi Islam Berakhlakul Karimah

Koropak.co.id - Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang beralamat di Jalan Awipari, Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk membentuk generasi Islami yang berakhlakul karimah, cerdas, dan mampu mengamalkan ilmunya di masyarakat.

Pondok pesantren ini didirikan oleh keturunan Syekh Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya yaitu KH Masduki. Seiring berjalannya waktu, sepeninggalnya KH Masduki, pondok pesantren ini diteruskan oleh putra tertuanya, KH Busthomi yang dibantu oleh keluarganya seperti KH Tijani, KH OS Mawardi serta KH Adang.

Visi dari Pondok Pesantren Bahrul ulum yakni Menjadi Jam’iyah diniyah Islamiyah ijtima’iyah yang memperjuangkan tegaknya ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyyah. Sementara misi yang diusung yakni mengembangkan gerakan penyebaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah’ah an Nadliyyah untuk mewujudkan ummat yang memiliki karakter Tawassuth (moderat), Tawazun (seimbang), I’tidal (tegak lurus), dan Tasamuh (toleran).

Ekstrakulikuler yang ada di Pondok Pesantren Bahrul Ulum meliputi kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf), pembinaan Tilawatil Qur’an, latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab), berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari, serta diskusi dan penelitian Ilmiah.*