Ingin Menjadi Anggota PMR? Yuk Ketahui Apa Saja Tugasnya

Selasa, 31 Agustus 2021 10:32 Rizky Eskul

Ingin Menjadi Anggota PMR? Yuk Ketahui Apa Saja Tugasnya

 

Koropak.co.id - Bagi kamu yang memiliki cita-cita di dunia kesehatan, maka ketika kamu duduk di bangku sekolah harus mengikuti ekskul Palang Merah Remaja (PMR). PMR sendiri merupakan ekstrakurikuler yang bisa memberikan pelajaran mengenai cara hidup sehat serta melatih jiwa kemanusiaan. Namun sebelum bergabung, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui berbagai tugas dari ekskul tersebut. Oleh karena itu, berikut beberapa tugas PMR yang harus diketahui sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (30/8/2021).

1. Memberikan pertolongan pertama

Menjadi seorang anggota PMR, tentunya kamu memiliki tugas untuk memberikan pertolongan pertama ketika ada sala satu temanmu atau murid sekolah yang mengalami sakit atau kecelakaan ringan di lingkungan sekolah dan harus segera membutuhkan pertolongan.

2. Selalu siaga terhadap bencana

Diketahui, para anggota dari ekskul PMR juga dipersiapkan dengan tugas selalu siaga dan tanggap terhadap berbagai kemungkinan bencana yang mungkin saja terjadi di lingkungan sekitar.

 

Baca : Ekskul Anti Mainstream yang Dapat Diterapkan

3. Menggalang dana kemanusiaan

Jika kamu menjadi seorang anggota PMR, maka kamu akan ditugaskan untuk menggalang dana kemanusiaan dari siswa-siswi lainnya di sekolah ketika terjadi bencana di lingkungan yang mengalami musibah.

4. Siaga menjadi petugas kesehatan

Selalu siaga merupakan tugas seorang anggota PMR, baik itu di sekolah maupun ketika menjadi petugas kesehatan. Kamu dituntut untuk selalu bersiaga dalam membantu semua orang yang ada di sekitarmu. Contohnya seperti jika ada seseorang yang pingsan saat upacara pengibaran bendera merah putih, maka kamu akan menjadi orang pertama yang akan menolongnya.

5. Melakukan aksi sosial

Bukan hanya memberikan bantuan, PMR juga memiliki tugas untuk melakukan aksi-aksi sosial kepada masyarakat dan di lingkungan sekitar secara berkala. Contohnya seperti dengan mengunnjungi panti asuhan atau membantu puskesmas yang ada di desa-desa. Hal itu dikarenakan, PMR memiliki prinsip kemanusian dalam membantu terhadap setiap korban yang membutuhkan pertolongan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini