Ketahui Beberapa Metode Smart Goals untuk Capai Suatu Target

Senin, 30 Agustus 2021 11:36 Rizky TipSmart

Ketahui Beberapa Metode Smart Goals untuk Capai Suatu Target

 

Koropak.co.id - Dalam menjalani kehidupan ini, tentunya semua orang harus memiliki sebuah target dan tujuan untuk menggapai impiannya. Karena, dengan target tersebut, tentunya akan membuat kamu memiliki cara dan tahapan untuk bisa meraih target tersebut. Selain itu, di era seperti saat ini, ada suatu metode yang dapat mempermudah kamu dalam menetapkan target dan rencana yaitu metode Smart Goals. Berikut beberapa tahapan dalam menyusun Smart Goals sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (30/8/2021).

1 . Spesific atau khusus

Saat kamu memiliki target ataupun rencana, maka kamu perlu menetapkan target yang spesifik. Buatlah target secara detail, jelas dan dapat di paparkan dengan baik agar bisa menjadi suatu target khusus. Contohnya seperti kamu memiliki target umum untuk lebih sering melakukan investasi. Kemudian untuk target spesifiknya, kamu harus melakukan investasi agar memiliki rumah dalam kurun waktu 5 tahun yang akan datang.

2. Measurable atau terukur

Apabila kamu sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah kamu buat. Guna dari adanya Measurable ini adalah untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada dan apakah kita semakin dekat dengan tujuan atau tidak.

Contohnya seperti pada saat kamu mempunyai target untuk memiliki rumah dalam kurun waktu 5 tahun, maka kamu perlu menentukan nominal dana yang harus disisihkan setiap bulannya. Apabila target rumahnya seharga Rp 500 juta, maka artinya setiap bulan kamu harus menyisihkan dana kurang lebih Rp 8,4 juta untuk mencapai Rp 500 juta. Ini juga merupakan target yang measurable dikarenakan kita dapat melihat apakah kita semakin dekat dengan tujuan dana Rp 500 juta atau tidak dari waktu ke waktu.

 

Baca : Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona

3.Achievable atau dapat tercapai

Dalam point ini, kamu perlu mengetahui apakah target yang kamu tentukan dapat dicapai atau Achievable. Artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, namun juga tidak boleh terlalu sulit. Kamu pun dapat menilai apakah tujuan yang kamu buat itu dapat tercapai atau tidak. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan lainnya.

4. Relevant atau sesuai

Diketahui, saat kamu membuat target, maka kamu perlu memilih target yang relavan artinya jika target itu tercapai, tentunya akan berdampak terhadap yang lainnya.

5. Timebound atau batas waktu

Terakhir, kamu juga harus menentukan bats waktu dalam mengapai tujuan yang kamu miliki. Hal itu diperlukan, agar kamu dapat terfokus dan dapat mempersiapkan sumber dana yang diperlukan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini