Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya Sukses Gelar Kegiatan WATER

Selasa, 24 Agustus 2021 07:39 Eris Kuswara Kuliah

Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya Sukses Gelar Kegiatan WATER

 

Koropak.co.id - Webinar About Disaster (WATER) merupakan program kerja yang diadakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Hima Kesmas) Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Kota Tasikmalaya sebagai kegiatan guna memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi generasi muda yang memiliki kepedulian dan pengetahuan tentang kebencanaan.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana kegiatan WATER Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya, Amanda Rachmani Artyan saat dikonfirmasi Koropak, Senin (23/8/2021) terkait kegiatan WATER yang diadakan secara virtual pada Sabtu (21/8/2021) lalu.

"Yang menjadi perbedaan dari kegiatan tahun ini adalah akan dibentuknya kelompok relawan yang bekerjasama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya," kata Amanda.

Ia menambahkan, untuk tema yang diambil dalam kegiatan WATER tahun 2021 ini adalah "Pentingnya Mitigasi Bencana di Lingkungan Akademis". Sementara itu, untuk maksud dari kegiatan WATER itu sendiri adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa umum terkait kebencanaan melalui pemberian materi.

 

Baca : UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya Gelar Talkshow Bedah Naskah Pementasan Keliling 2021

"Sementara untuk tujuannya adalah untuk memfasilitasi mahasiswa agar bisa mendapatkan pengetahuan mengenai kebencanaan, mewujudkan kesadaran mahasiswa dalam menghadapi bencana, meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap suatu bencana serta mewujudkan lingkungan akademis yang tanggap bencana," ucapnya.

Pihaknya menuturkan, kegiatan WATER ini diikuti dan dihadiri oleh mahasiswa umum se- Indonesia, BPBD Kota Tasikmalaya serta Organisasi Relawan Turun Tangan. Sementara itu, untuk persiapan kegiatan WATER sendiri dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan dan menghabiskan anggaran kurang lebih sebesar Rp 1 juta.

"Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan akademik yang padat yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi angkatan 2018 dan Problem Based Learning (PBL) bagi angkatan 2019, jadi kita harus pandai-pandai membagi waktu dalam mengerjakan tiap job dess-nya. Selain itu juga sering terjadi kendala sinyal terutama pada angkatan 2018 yang sedang menjalani KKN di desa," ujarnya.

Berbicara mengenai ajakan untuk generasi muda agar sadar sejak dini terhadap bencana, pihaknya pun memberikan pemahaman melalui edukasi pada generasi muda dan membentuk karakter diri agar sigap dalam menghadapi bencana. Dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya pun berharap agar mahasiswa memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap suatu bencana.

"Selain itu, mahasiswa juga bisa memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai bagaimana mitigasi bencana itu sendiri sehingga dapat berguna bagi dirinya sendiri dan masyarakat. Kedepannya, kelompok relawan di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan, nantinya akan dibimbing langsung oleh pihak BPBD Kota Tasikmalaya," tuturnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini