Fenomena Hustle Culture Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Minggu, 22 Agustus 2021 07:39 Eris Kuswara NewSmart

Fenomena Hustle Culture Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

 

Koropak.co.id - Gaya hidup yang mendorong seseorang untuk bekerja terus-menerus, kapan pun, dan di mana pun atau disebut hustle culture ternyata berbahaya. Fenomena hustle culture ini terjadi dikarenakan adanya motivasi seseorang untuk bekerja melebihi batas waktu demi meraih kesuksesan.

Bekerja keras lebih banyak daripada waktu normal, diketahui seolah bagaikan prinsip yang ditekankan oleh orang 'pengidap' hustle culture. Padahal, sebenarnya kesuksesan itu sendiri dapat dicapai melalui berbagai macam hal dan tidak hanya bekerja tanpa memerhatikan kondisi tubuh. Diketahui, gaya hidup hustle culture ini juga dapat merusak work life balance sehingga berdampak buruk bagi kesehatan mental dan emosional.

Psikolog dari Riliv, Graheta Rara Purwasono mengatakan, tren hustle culture ini hampir dialami oleh sebagian besar pekerja di berbagai perusahaan, terutama bagi kalangan generasi milenial yang fresh graduate. "Tuntutan kebutuhan hidup yang banyak, mengharuskan mereka untuk bekerja lebih keras agar mendapatkan penghasilan yang besar meskipun mengesampingkan kesehatan diri sendiri," kata Graheta dalam keterangannya sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (20/8/2021).

 

Baca : Inilah Self Love untuk Kaum Milenial

Ia menambahkan, pengaruh eksternal juga turut memicu seseorang untuk menerapkan hustle culture, salah satunya adalah quotes dari orang-orang sukses. "Memang tidak ada salahnya untuk mengonsumsi hal itu, tapi apabila sampai salah pemahaman, maka hal itu akan berakibat pada pemaksaan diri sendiri untuk gila dalam bekerja," ucapnya.

Pihaknya menuturkan, ada sejumlah dampak buruk yang dapat dialami seseorang yang menerapkan hustle culture. Salah satunya yang paling berbahaya adalah bisa menyebabkan kematian. "Dampak buruknya yang bisa dirasakan mulai dari burnout (stres berat), kelelahan, dan lebih berbahaya lagi bisa menyebabkan kematian. Tercatat, sudah banyak kasus kematian yang terjadi akibat hustle culture dalam dunia kerja," ujarnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini