Tak Hanya Menghibur, Ini Manfaat Lain Membacakan Dongeng untuk Anak

Jum'at, 13 Agustus 2021 06:07 Rizky TipSmart

Tak Hanya Menghibur, Ini Manfaat Lain Membacakan Dongeng untuk Anak

 

 

Koropak.co.id - Tidak hanya menghibur si kecil dengan membacakannya dongeng, ternyata membacakan dongeng juga memiliki manfaat lainnya bagi perkembangan si kecil. Selain itu, kamu pun tidak perlu menunggu waktu hingga si kecil tumbuh menjadi balita. Karena kamu juga sudah bisa membacakan dongeng bahkan sewaktu si kecil masih dalam kandungan.

Diketahui, membacakan dongeng juga menjadi salah satu rangsangan terbaik untuk merangsang kemampuan mendengar dan berbicara meskipun si kecil belum memahami secara pasti kata-kata yang kamunbicarakan. Melalui dongeng juga mampu memperbanyak kosa-kata bagi si kecil. Berikut sejumlah manfaat lain membacakan dongeng untuk si kecil sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (12/8/2021).

1. Ikatan batin semakin erat
Diketahui, Quality time bisa didapatkan dengan cara membacakan dongeng bersama si kecil. Melalui kegiatan ini, kamu juga dapat menirukan suara-suara lucu yang bisa membuatnya tertawa dan nyaman. Dengan begitu, hubungan antara orangtua dengan si kecil dapat semakin erat.

 

Baca : Manfaat Dongeng untuk Anak, Salah Satunya Berani Hadapi Masa-Masa Sulit

2. Melatih kecerdasan
Si kecil yang mendengarkan dongeng juga dapat menstimulasi otak untuk berpikir dan berimajinasi. Tentunya hal ini akan baik bagi perkembangan kognitif dan melatih kecerdasan si kecil selama masa pertumbuhan dan perkembangannya.

3. Meningkatkan kemampuan verbal
Diketahui juga bahwa sering membacakan dongeng juga mampu meningkatkan kemampuan interaksi verbal yang baik bagi si kecil, baik itu ucapan, tulisan, atau bacaan.

4. Memperbanyak kosakata
Membacakan dongeng bersama anak juga tentunya dapat membuat si kecil memperluas kosakatanya melalui ucapan yang keluar dari mulut orangtuanya berdasarkan cerita yang dibacakan. Dengan begitu, si kecil pun akan mampu menyampaikan perasaan dan keinginannya dengan baik.

5. Bekal kehidupan
Setiap dongeng juga pastinya memiliki pesan kehidupan yang dapat diambil, tanpa terkecuali bagi si kecil. Pelajaran hidup yang bisa didapatkan dari dongeng ini juga bisa menjadi bekal kehidupan bagi si kecil. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa memberikan nasehat melalui dongeng yang disukai si kecil.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini