Tips Hadapi Orangtua yang Terlalu Ikut Campur Mengasuh Anak

Sabtu, 17 Juli 2021 06:17 Rizky TipSmart

Tips Hadapi Orangtua yang Terlalu Ikut Campur Mengasuh Anak

 

 

Koropak.co.id - Pada saat mengasuh anak, tantangan yang akan dihadapi seorang ayah dan ibu ternyata bukan hanya terletak pada bagaimana metode asuh yang benar dan tepat. Melainkan juga tantangannya harus menghadapi pihak-pihak yang ikut campur, termasuk orangtuanya sendiri dengan alasan niat baik karena perhatian pada cucu.

Namun terkadang hal itu bisa membuatmu serba salah, bahkan ketika nasihat atau cara pandang pengasuhannya itu tidak sesuai dengan apa yang sudah kamu pelajari. Jadi, agar hubunganmu dengan orangtua tidak tegang dikarenakan perbedaan, berikut kiat menghadapi orangtua yang terlalu ikut campur dalam mengasuh anak sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (17/7/2021).

1. Pastikan terlebih dahulu kamu dan pasangan satu suara

Ternyata hingga saat ini masih ada sebagian orangtua yang percaya dengan metode pengasuhan ‘polisi baik’ dan ‘polisi buruk’. Biasanya, pihak ibu yang menjadi ‘polisi buruk’ itu karena terkenal cerewet dan suka mengatur. Sementara itu, pihak ayah sering menjadi ‘polisi baik’. Oleh karena itu mulai sekarang, metode seperti itu sebaiknya ditinggalkan dikarenakan bisa menimbulkan kebingungan pada anak siapa yang harus didengarkan atau diikuti. Sehingga jika orangtua bisa konsisten dan saling mendukung, maka anak akan lebih mudah menurut.

 

Baca : Efek Pandemi Covid-19, Buat Anak Kecanduan Bermain Gadget

2. Dekati orangtua

Agar kamu dan pasangan bisa lebih dihormati mengenai keputusan mengenai cara pengasuhan, sebaiknya dari jauh-jauh hari kamu sudah mengakrabkan diri dengan orangtua. Sehingga, jika ada pertentangan, maka kalian bisa menjelaskannya dengan baik dan mereka pun bisa menghormati. Entah itu menghormati karena setuju dengan penjelasan kalian, ataupun menghormati karena ingin menjaga perasaan kalian.

3. Bersikap tegas

Kamu dan pasanganmu juga wajib bersikap tegas ketika praktik pengasuhan versi orangtuamu itu ternyata bisa membahayakan kondisi anak. Misalnya dengan memberi obat yang belum tentu tepat, atau memberikan MP ASI sebelum waktunya. Oleh karena itulah kamu dan pasangan harus kompak. Karena, jika hanya kamu yang paham bahayanya, tidak jarang orangtua akan mencari dukungan pada pasanganmu yang dirasa lebih ‘open minded’ dengan versi mereka.

4. Memilah-milah

Meskipun sebenarnya kamu lebih nyaman untuk mengasuh anak sesuai versimu, tapi kamu juga jangan langsung menutup diri terhadap berbagai masukan dari orangtua. Karena ingat, orangtuamu juga melakukan itu disebabkan niat baik mereka yang ingin menunjukkan kasih sayang pada cucunya. Oleh sebab itu, cobalah pilah-pilah dahulu mulai dari masukan yang diberikan orangtua terkait mana yang memang bahaya dan tidak perlu kamu lakukan hingga mana yang sekiranya bisa diterapkan dan membawa manfaat.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini