Pondok Pesantren Ibnu Siena

Minggu, 04 Maret 2018 11:20 Kemala Adiyatma Ponpes

Pondok Pesantren Ibnu Siena

Yayasan Rintisan Bertaraf Modern

Koropak.co.id - Ibnu Siena merupakan pondok pesantren berada dibawah pengelolaan Yayasan Islam Ibnu Siena beralamat di Jalan Siliwangi Nomor 41 Kota Tasikmalaya yang dikenal publik sebagai suatu lembaga pendidikan keislaman.

Pesantren Ibnu Siena Tasikmalaya adalah sekolah berbasis pondok pesantren modern dengan perpaduan kurikulum KTSP dan pesantren modern yang dirancang khusus untuk mencetak santriwan dan santriwati yang mempunyai gagasan Ilmu Agama dan umum dengan menjunjung tinggi Akhlaqul Karimah dan didukung oleh fasilitas yang memadai, akan dapat memaksimalkan potensi siswa didik untuk menggapai cita-citanya.

Ibnu Siena didirikan pada tahun 1985 oleh para aktifis muda muslim dari berbagai ormas Islam yang demi keinginan dan cita-cita untuk mencetak kader muslim, Yayasan Ibnu Siena diresmikan oleh Notaris Suryana, SH pada tanggal 3 Desember 1986 dengan nama awal "Yayasan Pendidikan Islam Tri Karya Mulia" (YPITKM). Selain menyelenggarakan pesantren, Yayasan ini juga mengelola lembaga pendidikan formal SMP dan SMA yang diresmikan pada tanggal 25 April 1988.

Dalam kelas ini kurikulum yang digunakan dan kompetensi yang akan dicapai hampir sama dengan pelajaran reguler lainnya bagi tingkat SMA, hanya dalam pelaksanaan proses belajar mengajarnya dibagi menjadi 3 bagian waktu yaitu, tahun pertama fokus membangun karakter, kepribadian dan spiritual yang kokoh menguasai berbagai kompetensi yang ingin dicapai sesuai minat dan bakat.

Tahun kedua, fokus menghafal Al-Quran 30 juz beserta ilmu pendukungnya, seperti Tahsin dan tajwid. Tahun ketiga santri fokus dalam hal akademik sekolah untuk persiapan menghadapi ujuan nasional dan tes masuk perguruan tinggi.

Berbagai macam fasilitas yang disediakan untuk proses pembelajaran para santri dan santriwati sehingga para santri lebih nyaman menginap di pondok ini.*