Cepy Rahmat Nugraha: Sosok Atlet Paralayang Dari Kabupaten Tasikmalaya

Selasa, 20 Oktober 2020 10:45 Eris Kuswara Sosok

Cepy Rahmat Nugraha: Sosok Atlet Paralayang Dari Kabupaten Tasikmalaya


Koropak.co.id - Cepy Rahmat Nugraha atau yang lebih akrab disapa Cepy Avey, merupakan atlet paralayangan yang juga turut bergabung dalam Kapinis Paragliding Club Kabupaten Tasikmalaya.

Kepada Koropak, Selasa (20/10/2020) pemuda kelahiran Tasikmalaya 11 Agustus 1994 itu menceritakan awal dirinya masuk ke dunia paralayang setelah dua tahun lalu dia menekuni dunia drone aerial.

Ia menyebutkan, ketertarikan terhadap olahraga para layang diawali dari aktifitas menekuni pembuatan projek dokumentasi seperti wedding dan pra-wedding. Kemudian outbound, compro, survey, foto udara, dan dokumentasi lainnya yang memerlukan drone atau pesawat tanpa awak.

"Setahun yang lalu, awalnya saya diajak seseorang untuk membuat company profile desa yang terletak tidak jauh dari desa tempat saya tinggal. Tepatnya di Desa Nanggewer Kecamatan Pagerageung. Saat itu, disana sedang ada kegiatan Paralayang yang belum populer dan familiar di masyarakat Kecamatan Pagerageung," tutur dia.

Tidak lama kemudian kata Cepy, dirinya dipanggil Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Gantolle dan Paralayang Indonesia (PGPI) Kabupaten Tasikmalaya yang saat itu belum resmi, untuk membuat video tentang paralayang di Pagerageung.

"Tidak sampai di situ, saya juga diajak untuk ikut serta meramaikan dan masuk dalam kepengurusan PGPI Kabupaten Tasikmalaya sebagai seksi dokumentasi dan publikasi sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Mulai dari situlah saya mulai tumbuh ketertarikan terhadap olahraga yang satu ini," ungkap dia.

 

 Koropak.co.id - Cepi Rahmat Nugraha Sosok Atlet Paralayang Dari Kabupaten Tasikmalaya (2)

 

 

Keingintahuan terhadap paralayang, mendorongnya untuk lebih mendalami olahraga tersebut dengan cara mengikuti sekolah penerbangan paralayang di Layang Mas. Upayanya tidak sia-sia, ia bahkan sukses mengantongi lisensi resmi.

Meskipun sudah berlisensi resmi, namun hingga saat ini ia tetap berlatih mempersiapkan diri untuk ikut berpartisipasi di beberapa kejuaraan yang ada di Indonesia. Salah satunya Kejuaraan Ketepatan Mendarat KASAU CUP 2020 secara Daring dari beberapa lokasi venue. Salah satu venue yang diikuti yaitu di Kampung Toga, Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Lebih lanjut ia membeberkan keinginannya untuk bisa mengembangkan olahraga paralayang di daerah sendiri yang sudah memiliki tempat penerbangan. Hal itu didasari cita-cita untuk memajukan desa dan kecamatan Pagerageung.

"Disini kan akan segera dibuka wisata tandem," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Cepi Rahmat Nugraha Sosok Atlet Paralayang Dari Kabupaten Tasikmalaya (3)

 

Sebagai putra daerah, lanjut Cepy, ia harus berperan aktif, agar perekonomian masyarakat di sekitar lokasi Paralayang di daerah sendiri bisa meningkat, seperti daerah lain yang sudah berjalan.

"Paralayang ini olahraga yang belum banyak ditekuni khususnya untuk di Kabupaten Tasikmalaya. Padahal selain merupakan olahraga yang butuh nyali, olahraga ini juga menjadi wisata hiburan bagi masyarakat. Karena dalam paralayang ini ada wisata tandemnya. Jadi bagi mereka yang tidak bisa paralayang, mereka bisa terbang dengan tandem atau dibonceng oleh pilot profesional yang memiliki lisensi master tandem," katanya.

Ia berharap olahraga paralayang di Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih berkembang dan semakin banyak prestasi yang diraih dari cabang olahraga ini. Apalagi lagi menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2022 mendatang.

"Saya juga berharap, pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih memperhatikan para atlet paralayang yang akan bertanding di Porprov Tahun 2022 mendatang. Apalagi Tasikmalaya sebagai tuan rumah yang rencananya di Bukit Pasirgowong, Desa Naggewer, Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya," tuturnya.*

 

Baca : Jalan Menuju Area Take-Off Paralayang di Tasikmalaya Akan Dibangun