Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya Siap Gelar Webinar Kesehatan Tahun 2020

Sabtu, 17 Oktober 2020 16:44 Eris Kuswara NewSmart

Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya Siap Gelar Webinar Kesehatan Tahun 2020

 

Koropak.co.id - Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) Universitas Negeri Siliwangi Periode 2020 akan menggelar kegiatan Webinar Study Learning Of Public Health (SLOPH) Minggu (25/10/2020) mendatang.

Dengan mengusung tema "Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam melakukan Edukasi di Era New Normal", web seminar tersebut akan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Kepada Koropak, Ketua Pelaksana Webinar SLOPH, Dinda Manda Eprilia mengatakan, Study Learning of Public Health (SLOPH) merupakan program kerja dari Departemen Pendidikan dan Keilmuan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan dinamika ilmiah, wawasan dan informasi mengenai kesehatan masyarakat.

"Untuk SLOPH tahun ini, akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2020 mendatang dengan konsep webinar. Webinar ini memiliki fasilitas E-sertifikat ber-Satuan Kredit Profesi (SKP) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan dilaksanakan secara gratis," kata Dinda, Rabu (14/10/2020).

Webinar ini juga terang dia, akan diisi oleh beberapa pemateri hebat seperti dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Priok, IAKMI Pusat dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Wilayah Kota Tasikmalaya.

Untuk materi yang disampaikan dalam kegiatan SLOPH ini, secara garis besar berisi materi mengenai peran tenaga kesehatan masyarakat di berbagai sektor, baik formal maupun informal, khususnya dalam melakukan edukasi pada era new normal.

 

Koropak.co.id - Hima Kesmas Unsil Tasikmalaya Siap Gelar Webinar Kesehatan Tahun 2020 (2)

 

Dinda menambahkan, maksud dan tujuan SLOPH adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tenaga kesehatan masyarakat, menambah wawasan serta meningkatkan pengetahuan dan keilmuan peserta dalam menghadapi pandemi Covid-19 di berbagai sektor.

"Untuk SLOPH dengan konsep Webinar ini, merupakan kali pertama yang dilaksanakan oleh departemen pendidikan dan keilmuan. Pada tahun sebelumnya, SLOPH dilaksanakan dengan konsep berbeda yaitu dengan melakukan kunjungan langsung ke tempat-tempat yang mampu meningkatkan dinamika ilmiah, wawasan dan informasi mengenai kesehatan masyarakat," tuturnya.

Kegiatan SLOPH ini jelas Dinda, dapat diikuti oleh masyarakat umum se-Indonesia, khususnya mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Sarjana Kesehatan Masyarakat serta Magister Kesehatan Masyarakat.

"Kami menargetkan jumlah pesertanya mencapai 200 orang. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan dinamika ilmiah, wawasan dan informasi mengenai kesehatan masyarakat pada era new normal," katanya.*

 

Baca : Gerakan Pramuka Berperan Penting Dalam Pembangunan Kesehatan