Pesantren Amanah Muhammadiyah

Jum'at, 23 Februari 2018 06:20 Kemala Adiyatma Sekolah

Pesantren Amanah Muhammadiyah

Watak Tajdid Menjadi Pondok Pesantren Unggulan

Koropak.co.id - Pesantren Amanah Muhammadiyah yang berlokasi di Jalan Sambongjaya Nomor 50 Kelurahan Sambongjaya Mangkubumi, Kota Tasikmalaya adalah salah satu lembaga pendidikan milik Perserikatan Muhammadiyah, dan berada di bawah pimpinan Drs. KH Faqih Zainuddin.

Berdiri pada tahun 1998, Pesantren Amanah Muhammadiyah hadir dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan lembaga pendidikan yang mampu melayani siswa memperoleh pendidikan menyeluruh secara profesional. Tahun 1990 berdasarkan hasil rapat kerja, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tasikmalaya merasa terpanggil untuk menghidupkan suatu lembaga pendidikan pesantren yang dipadukan dengan pendidikan umum tingkat SMP dan SMA dengan nama Pesantren Plus SMP-SMA Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya yang mulai berkembang secara resmi pada tahun 1998.

Pesantren Amanah MuhammadiyahLembaga pendidikan tersebut diharapkan dapat mempersiapkan peserta didiknya yang mampu bersaing pada pasar bebas dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang islami dalam rangka mencapai maksud dan tujuan Muhammadiyah. Visi dari lembaga pendidikan Pondok Pesantren Plus SMP-SMA Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya yang berlandaskan Al-Quran dan Al-Sunnah dengan watak tajdid menjadi Pondok Pesantren unggulan di Tasikmalaya tahun 2014.

Kurikulum Pesantren Plus SMP-SMA Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya mengacu pada kurikulum nasional yang dimodifikasi sesuai perkembangan dan kebutuhan. Dengan menyediakan beberapa sistem pelajaran yaitu mempelajari ilmu-ilmu keagamaan lengkap beserta kitab.

Selain melaksanakan pembelajaran intrakurikuler, Pesantren Plus SMP-SMA Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya melaksanakan pula kegiatan ekstrakurikuler, yaitu kegiatan yang menitikberatkan pada Kreatifitas Siswa yang bersifat Rekreatif. Kegiatan ekstrakulikuler seperti Olah Raga, Kesenian, Organisasi dan Bela Negara, Karya Ilmiah Remaja, dan Jurnalistik.*