Google Classroom Bantu Permudah PJJ Saat Pandemi Covid-19

Senin, 24 Agustus 2020 15:17 Eris Kuswara TipSmart

Google Classroom Bantu Permudah PJJ Saat Pandemi Covid-19

 

Koropak.co.id - Mengawali tahun ajaran baru, diketahui seluruh sekolah yang masih berada di zona merah, kuning dan oranye harus tetap melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online. Oleh karena itu, untuk memudahkan para guru dan siswa dalam melakukan PJJ, Google pun merekomendasikan untuk bisa memakai aplikasi Google Classroom.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Senin (24/8/2020) Google Classroom atau Ruang Kelas Google merupakan sebuah aplikasi pembelajaran campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis. Dalam aplikasi tersebut, nantinya pengajar bisa membuat kelasnya sendiri dan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para siswanya.

Selain itu, berbagai keunggulan bisa didapatkan dari Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS) mulai dari proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman jika dibandingkan dengan harus menginstall LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS.

 

Google Classroom Bantu Permudah PJJ Saat Pandemi Covid-19

 

Baca : Google Classroom, Cara Cerdas Dunia Pendidikan

 

Google Classroom juga lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga akan sangat ideal sekali jika digunakan oleh setiap pengajar dengan tingkat pengalaman E-Learning yang beragam. Aplikasi ini juga mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi diantara pengajar dan siswanya.

Keunggulan lainnya yang dimiliki Google Classroom ini adalah penyimpanan datanya yang terpusat, sehingga siswa dapat melihat semua tugas-tugasnya dalam folder tertentu. Selain itu, guru juga dapat menyimpan bahan E-Learning, membuat kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat atau nilai dapat dilihat dalam aplikasi.

 

Baca : Tahun Ajaran Baru Dimulai, Pembelajaran di Kota Tasikmalaya Dilakukan Secara Daring

 

Diketahui juga ternyata, Google Classroom bisa berbagi sumber daya yang efisien, praktis dan cepat. Cukup dengan mengakses aplikasi Google Classroom, nantinya guru dapat mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi E-Learning tambahan yang dapat menguntungkan siswanya.

Selain itu, cara ini juga teryata memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh update tepat waktu yang berhubungan dengan pelajaran saat ini. Sehingga mereka dapat lebih memahami materi yang disampaikan.*

 

Baca : Dewan Sepakat KBM Tahun Ajaran 2020/2021 Dilakukan Secara Daring

Berita Terkait