Surat Yasin Memiliki Kedudukan Tersendiri Bagi Kehidupan Umat Islam

Jum'at, 21 Agustus 2020 11:46 Eris Kuswara TipSmart

Surat Yasin Memiliki Kedudukan Tersendiri Bagi Kehidupan Umat Islam

 

Koropak.co.id - Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran yang terdiri dari 86 ayat, 733 kata, dan 3.068 huruf ini diturunkan di Kota Mekkah. Sehingga membuat surat ini disebut sebagai surat Makkiyah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Jumat (21/8/2020) diketahui juga bahwa kandungan dari Surat Yasin ini cukup luas yang meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah.

Keutamaan dari surat Yasin ini adalah ampunan yang diberikan Allah SWT bagi siapa saja yang senantiasa membacanya. Bahkan Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Barang siapa membaca Surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya akan diampuni.

 

Baca : Fisik Bukan Halangan Untuk Menghafal Alquran

 

Sehingga, hal itu membuat Surat Yasin ini mempunyai kedudukan tersendiri dalam tradisi kehidupan sebagian umat Islam. Selain itu, bagi masyarakat Indonesia surat Yasin ini juga sering dibaca khususnya pada malam Jumat. Bahkan, Surat Yasin juga turut dibaca saat tahlilan apabila ada orang yang meninggal dunia.

Berbagai keistimewaan pun bisa didapatkan bagi siapa saja yang membaca Surat Yasin seperti mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT bagi mereka yang sering membaca dan mengamalkannya. Kemudian mereka juga akan dipermudah saat sakaratul maut.

Keistimewaan lainnya yang bisa didapatkan saat membaca surat Yasin adalah dipermudah segala urusannya, mendapatkan ketenangan hati setelah membacanya, dapat terhindar dari siksa kubur, meningkatkan keimanan, segala hajatnya akan dikabulkan dan masih banyak lagi yang lainnya.*

 

Baca : Unik, Bayar Tiket Masuk Pasir Pataya Dengan Hafalan Alquran