PPDB Tingkat SMA/SMK Resmi Ditutup, SMKN 2 Tasikmalaya Siap Mulai Tahun Ajaran Baru

Senin, 06 Juli 2020 18:40 Eris Kuswara Sekolah

PPDB Tingkat SMA/SMK Resmi Ditutup, SMKN 2 Tasikmalaya Siap Mulai Tahun Ajaran Baru

 

Koropak.co.id - Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK secara online resmi ditutup pada Rabu (1/7/2020) lalu. Di SMKN 2 Kota Tasikmalaya, tercatat jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 1.458 orang dan sudah diterima sesuai dengan kuota yang disediakan.

Ketua Panitia PPDB SMKN 2 Kota Tasikmalaya Tahun 2020 sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Drs Hendrawan mengatakan, PPDB SMKN 2 Tasikmalaya tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena untuk tahun ini berbasis online.

"Untuk pendaftaran, dilakukan dengan 2 cara yang meliputi jalur mandiri, yakni dengan mendaftarkan diri melalui website Dinas Pendidikan Provinsi di laman https://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id serta melalui pendaftaran yang dikoordinasikan pihak sekolah asal peserta didik baru," kata Hendrawan, Senin (6/7/2020).

Khusus di SMKN 2 Tasikmalaya, siswa akan dinyatakan diterima jika siswa tersebut lolos dari beberapa persyaratan khusus. Antara lain tidak buta warna untuk jurusan tertentu, memenuhi batas minimal tinggi badan dan berat badan yang sudah ditentukan, tidak bertato dan bertindik.

"Alhamdulillah untuk daftar ulang tahap pertama, sudah dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 24 Juni 2020 lalu," ujarnya.

Ditambahkan, keistimewaan dalam PPDB tahun ini, para orangtua tidak perlu memikirkan iuran bulanan atau SPP untuk anaknya yang sudah diterima, karena untuk iuran bulanan atau SPP di SMKN 2 Tasikmalaya tahun 2020, sudah ditanggung Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP) dari APBD Provinsi Jawa Barat.

"Namun pihak sekolah juga tetap terbuka bagi orang tua siswa yang akan memberikan sumbangan untuk keberlangsungan sekolah. Hal ini diatur juga dalam PP Nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Untuk penerimaan siswa tahap pertama lanjut dia, itu khusus untuk jalur prestasi unggulan akademik dan prestasi non akademik seperti olahraga, tahfiz Quran serta siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu. Kemudian untuk tahap kedua berdasarkan sistem nilai rapor.

 

Koropak.co.id - PPDB Tingkat SMASMK Resmi Ditutup, SMKN 2 Tasikmalaya Siap Mulai Tahun Ajaran Baru

 

Sementara itu, memasuki tahun ajaran baru yang rencananya akan dimulai pada Senin (13/7/2020) mendatang, rencana pembelajaran di SMKN 2 Tasikmalaya akan digelar secara daring ditambah sistem shift atau bergiliran.

"Misalnya, dari siswa absen 1 sampai 16 belajar di sekolah, kemudian dari absen 17 hingga 36 belajar dirumah secara daring namun tetap dalam pemantauan guru," ujarnya.

Hendrawan menambahkan, saat ini pihaknya sedang memikirkan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan dimulai pada Senin (13/7/2020) hingga Rabu (15/7/2020).

Karena meskipun MPLS bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui daring dan tatap muka, namun dengan jumlah siswanya yang mencapai 864 orang membuat pihak sekolah masih memikirkan pelaksanaannya.

"Dengan jumlah siswa lebih dari 800 orang, tentunya kami harus benar-benar memikirkan langkah terbaik dalam pelaksanakan MPLS. Kami tidak ingin muncul klaster baru Covid-19 di lingkungan sekolah khususnya di SMKN 2 Tasikmalaya ini," katanya.*

 

Baca : Tahap Kedua PPDB SMAN 3 Tasikmalaya Dibuka Hingga 1 Juli 2020