Pemkot Tasikmalaya Gelar Seleksi Calon Kepala Sekolah Dasar yang Berkualitas

Rabu, 24 Juni 2020 00:32 Eris Kuswara NewSmart

Pemkot Tasikmalaya Gelar Seleksi Calon Kepala Sekolah Dasar yang Berkualitas


Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman membuka acara seleksi subtansi bakal calon kepala Sekolah Dasar di Pemerintahan Kota Tasikmalaya, yang dilaksanakan di SD Indihiang Kota Tasikmalaya, Selasa (23/6/2020).

Dari 50 peserta yang lolos seleksi administrasi, selanjutnya diikutsertakan dalam seleksi substansi yang akan meloloskan sebanyak 30 peserta untuk kemudian diikutsertakan dalam Diklat calon Kepala Sekolah.

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, jumlah kebutuhan Kepala SD pada tahun 2020 di Kota Tasikmalaya sebanyak 25 orang. Sedangkan untuk tahun 2021 sebanyak 23 orang.

"Saya mengucapkan selamat kepada 50 peserta seleksi subtansi bakal calon kepala sekolah dasar di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya. Saya berpesan kepada calon kepala sekolah untuk tetap menjadi duta Covid-19 di lingkungan sekolah masing-masing," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemkot Tasikmalaya Gelar Seleksi Calon Kepala Sekolah Dasar yang Berkualitas (1)

 

Baca : Kebijakan Gubernur Jawa Barat Dianggap Pilih Kasih

 

Menurut dia, Kepala sekolah merupakan unsur tenaga kependidikan yang memegang peranan sangat penting serta kunci dalam pengelolaan pelayanan pendidikan di satuan pendidikan. Oleh karena itu, kepala sekolah pun dituntut harus memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni.

Maka lanjut dia, Pemerintah Kota Tasikmalaya melaksanakan seleksi subtansi sebagai tes potensi kepemimpinan (TPK) dalam konteks menggunakan model penilaian potensi kepemimpinan (PPK), untuk menilai kemampuan, kekuatan, kesanggupan, dan daya kepemimpinan yang di miliki oleh masing-masing bakal calon kepala sekolah.

"Kami berpesan kepada para peserta seleksi bakal calon kepala sekolah dasar, agar selalu bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Peserta seleksi juga diharapkan bisa meneladani Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh Pendidikan dengan slogannya " Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani"," ucapnya.*

 

Baca : Peran Pesantren Dalam Terobosan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat