Bakti Sosial Para Guru, Implementasi Kurikulum 2013 Yang Nyata

Selasa, 05 Mei 2020 11:00 Erni Nur'aeni NewSmart

Bakti Sosial Para Guru, Implementasi Kurikulum 2013 Yang Nyata

 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudistira mengapresiasi para guru yang memberikan bakti sosial di tengah penyebaran pandemi virus corona di Hari Pendidikan Nasional, Senin (4/5/2020).

Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi salah satu contoh baik dari para guru untuk membantu warga sekolah sebagai implementasi nyata kurikulum K13.

"Ini adalah salah satu contoh baik karena di dalam K13 itu terdapat 2 sikap yang ditumbuhkan dan dikembangkan dari hasil para peserta didik, yaitu sikap sosial dan religus," ujar Dadang.

 

Baca : Hardiknas Momen Kepekaan Pendidik Untuk Peduli Terdampak Covid-19

 

Tidak itu saja tutur dia, para pendidik ini telah cukup tekun untuk mengajarkan peserta didik tentang mencuci tangan yang baik dan benar di tengah-tengah wabah Covid-19.

"Tentunya ada hikmah dibalik semua ini. Anak tidak hanya dicekoki materi cuci tangan, namun juga praktek langsung. Sehingga diharapkan aksi rutin cuci tangan ini menjadi kebiasaan anak didik, baik di sekolah atau di rumah," katanya.

 

Baca : Partisipasi Dalam Cegah Covid-19 Guru Honorer Bagikan Ribuan Masker


Kemudian dari sikap sosial, harus pula dijadikan kebiasaan sejak dini yang dimulai dari lingkungan sekolah masing-masing, sehingga nantinya tumbuh keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Poin yang terkandung dalam Pancasila, dapat teramalkan secara langsung, dan sikap sosial akan terus tumbuh. Ini merupakan hasil belajar yang teramalkan secara nyata," ujar Dadang.*

 

Baca : Refleksi Hari Pendidikan Nasional 2020, Guru Peduli Terdampak Pandemi Corona