Tetap Berkarya Di Tengah Wabah Corona, Gelar Sidang Skripsi Lewat Video Call

Sabtu, 18 April 2020 11:25 Erni Nur'aeni TipSmart

Tetap Berkarya Di Tengah Wabah Corona, Gelar Sidang Skripsi Lewat Video Call


Koropak.co.id - Hashtag #dirumahaja menjadi melesat di berbagai media sosial. Banyak yang isinya mengekspresikan kegiatan apa yang dilakukan selama di rumah, selama menjalani masa social distancing.

Seperti halnya salah seorang seniman asal Tasikmalaya yang juga Dosen Bahasa Indonesia dan mengajar Sastra di Universitas Negeri Siliwangi, Bode Riswandi.

Berbincang bersama Koropak, Sabtu (18/4/2020) Bode menuturkan di rumah aja bukan diam, tidak produktif, dan tidak melakukan apapun meskipun aktivitas sudah dikurangi.

"Di rumah aja, saya manfaatkan teknologi untuk berkomunikasi serta melakukan kegiatan seni melalui online. Jika terlalu lama kita di rumah tanpa melakukan apapun, sudah barang pasti menimbulkan kejenuhan. Tetapi tidak ada jalan lain, social distancing harus dilakukan demi kebaikan bersama di tengah wabah Covid-19," katanya.

Dikatakan Bode, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu mencari kesibukan lain yang lebih berfaedah selama melaksanakan social distancing, salah satunya menghidupkan terus semangat kreativitas di bidang masing-masing.

"Bahkan kita mengadakan baca puisi berjamaah via online. Banyak sekali yang bergabung dari luar Tasikmalaya seperti Cirebon, Garut, Bandung, Kuningan dan daerah lainnya," ujar Bode.

 

Koropak.co.id - Tetap Berkarya Di Tengah Wabah Corona, Gelar Sidang Skripsi Lewat Video Call

 

Baca : Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona

 

Tidak hanya membaca puisi, kata Bode, juga turut digelar diskusi membahas fiksimini dan dramatic reading.

"Meskipun sedikit ada kesulitan namun semuanya beradaptasi sehingga semuanya lancar dan cara seperti ini adalah semacam kampanye yang dilakukan para seniman untuk memutus mata rantai sebaran Covid," katanya.

Terlepas dari seni, tanggungjawab profesi sebagai Dosen Bahasa Indonesia dan mengajar Sastra di Universitas Negeri Siliwangi tak ditinggalkannya. Bode menguji Sidang Skripsi Sastra mahasiswanya yang dilakukan secara online.*

 

Baca : Libur Dua Pekan Untuk Belajar Di Rumah, Bukan Untuk Pergi Tamasya