Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona

Sabtu, 11 April 2020 16:10 Erni Nur'aeni TipSmart

Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona


Koropak.co.id - Penyebaran pandemik virus Corona (Covid-19) membuat pemerintah memiliki kebijakan untuk belajar di rumah sebagai upaya melindungi anak-anak dari infeksi virus Corona. Namun libur bukan berarti berhenti belajar, melainkan belajar dengan dipantau guru kelas via internet.

Meskipun tidak sedikit orang tua yang merasa kerepotan sebab mereka harus bekerja dan mengasuh bahkan menjadi seorang guru yang serba bisa bagi anak-anaknya saat mengerjakan tugas di rumah, namun para orangtua akan senantiasa mendampingi anaknya belajar di rumah.

Namun hal tidak baiknya, tugas yang menumpuk membuat anak-anak mengeluh dan merasa bosan. Guna menyiasatinya, berikut Koropak telah menyiapkan beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak tidak merasa bosan belajar di rumah bersama.

 

1. Orangtua Harus Selalu Ada
Dengan belajar di rumah didampingi orangtua, sang anak akan merasa memiliki teman, guru, bahkan tutor yang akan membantunya saat kesulitan mengerjakan tugas. Ketika ada soal atau pelajaran yang tidak dimengerti, sang anak akan langsung mendapatkan jawabannya dari orangtua.

 

2. Buatkan Makanan dan Minuman Penyemangat
Di saat anak mulai terlihat bosan dalam mengerjakan tugas-tugasnya, orangtua selalu punya cara untuk menyemangatinya. Salah satunya dengan membuatkannya makanan dan minuman penyemangat untuk menemaninya belajar. Bisa dengan membuatkan sosis dan susu cokelat dingin.

 

Koropak.co.id - Tips Menyenangkan Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona (2)

 

Baca : Belajar Di Rumah, Ini Cara Siswa Mengerjakan Tugas aDari Guru

 

3. Berikan Penghargaan Bagi Anak
Berikan penghargaan dengan menggunakan sistem poin atau bintang. Jika anak mengerjakan dengan cepat atau mengerjakan tugas dengan tekun. Serta jika anak mengerjakan pelajaran dengan inisiatif dan kreatif berikan poin tinggi. Di akhir, orangtua mesti siapkan hadiah, misalnya buku atau alat tulis baru.

 

4. Hindari Memarahi, Bimbing Dengan Halus
Hindari memarahi anak karena hal dapat mengakibatkan anak merasa tidak nyaman, dan semakin tertekan dalam melakukan aktivitas belajarnya di rumah. Bimbing anak dengan halus, dan berikannya penjelasan bahwa seharusna begini atau begitu. Kelembutan tutur kata sang ibu dijamin akan membuat anak nyaman.*

 

Baca : Libur Dua Pekan Untuk Belajar Di Rumah Bukan Untuk Pergi Tamasya