Belajar di Rumah, Ini Cara Siswa Mengerjakan Tugas Dari Guru

Sabtu, 21 Maret 2020 08:12 Erni Nur'aeni Sekolah

Belajar di Rumah, Ini Cara Siswa Mengerjakan Tugas Dari Guru


Koropak.co.id - Lima hari berlalu setelah terbitnya edaran dari Gubernur Jawa Barat bahwa pelajar di Jawa Barat harus belajar di rumah demi meminimalisasi penyebaran virus corona, para siswa pun mulai terbiasa untuk tidak keluar rumah seiring padatnya tugas yang diberikan guru lewat jejaring online.

Seperti salah seorang pelajar MTs Ar-Rahmah Tasikmalaya, Diva Aulia Hermawati kelas 9 yang harus mengerjakan tugas dua kali lipat dari sebelumnya.

"Memang enak, libur di rumah. Tapi tugas jadi tambah banyak. Tidak hanya mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS), namun juga mengerjakan tugas yang dkirim guru dalam materi PDF lewat handphone masing-masing," katanya.

 

Baca : Libur Dua Pekan Untuk Belajar Di Rumah Bukan Untuk Pergi Tamasya

 

Dikatakan Diva, dengan diliburkannya sekolah memang ada untungnya. Dirinya bisa istirahat lebih banyak di rumah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk jajan, namun ruginya malah banyak tugas yang harus dikerjakan yang sebagian banyak tugasnya belum dimengerti.

"Apalagi pelajaran di sekolah sebagian ada yang tidak mengerti kalau ngerjain di sekolah ada guru jadi bisa dinanyai dan dibahas bersama-sama," katanya.

Lebih tidak mengenakannya lagi, kata Diva, karena libur ujian sekolah diundur, sehingga harus mempersiapkan kembali dari nol. Apalagi, akan banyak libur panjang setelah ramadan.

 

Baca : Disuruh belajar Dirumah, Pelajar di Kota Tasikmalaya Malah Berkeliaran

 

"Terpenting kita sebagai siswa mengerjakan apa yang ditugaskan guru. Kalau cara mengerjakan dan melaporkan tugasnya, tugas kita kerjakan di kertas atau folio kemudian difoto dan dikirim ke guru," kata Diva.

Diva berharap, wabah ini berakhir agar dapat kembali ke sekolah dan berkumpul bersama teman-teman.

"Lebih menyenangkan ketika bertemu dengan semua orang, dengan guru, apalagi dengan teman-teman," kata Diva.*

 

Baca : Disdik Kota Tasikmalaya Berikan Sanksi Untuk Pelajar yang Terjaring Razia