Wahai Guru Jangan Hanya Mampu Membuat PowerPoint

Selasa, 03 Maret 2020 19:32 Erni Nur'aeni NewSmart

Wahai Guru Jangan Hanya Mampu Membuat PowerPoint

 

Koropak.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi mengapresiasi kegiatan pelatihan kompetensi teknologi bagi para guru yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Kelompok Kerja Guru (FKKKG) Kota Tasikmalaya.

"Pelatihan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, agar dapat mengenali dan menguasai teknologi informasi dalam menunjang pembelajaran di kelas," ujarnya saat ditemui Koropak selepas kegiatan pelatihan di Aula Ormawa Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Selasa (3/3/2020).

Kata Budiaman, penguasaan IT tersebut sangat diperlukan untuk mengejar ketertinggalan mengingat selama ini para guru belum begitu menguasai teknologi informasi. Guru diharap dapat melakukan lebih banyak inovasi dan menyerap informasi lebih banyak.

"Sekarang kan era 4.0. Namun mayoritas guru kita belum dapat menggunakan komputer. Jadi dengan pelatihan tersebut, diharapkan para guru dapat menguasai komputer," ujarnya.

 

Baca : Masih Banyak Guru yang Belum Terbiasa Dengan Komputer

Rektor Unper Tasikmalaya Prof. Dr. H. Yus Darusman, Drs., M.Si mengatakan kegiatan pelatihan tersebut bekerjasama dengan PGSD Unper yang memberikan pelatihan penggunaan Information and Communications Technology (ICT).

"Di masa digital ini, kita tidak bisa menghindari teknologi yang sudah memasuki setiap jengkal kehidupan. Sehingga para guru diharapkan dapat memanfaatkan ICT sebagai pembelajaran secara global dan dapat diserap oleh murid," katanya.

Guru, kata Yus, jangan hanya mampu membuat Powerpoint dalam mengajar. Guru juga harus mampu mengambil informasi dan sumber lainnya dengan memanfaatkan IT, sehingga tidak hanya mengajarkan materi lokal, namun juga dapat memanfaatkan materi global yang bisa dikutip di internet dapat di kutip dari mana saja. Sehingga wawasan anak-anak SD pun dapat meluas," katanya.*

 

Lihat : Kenalkan Anak Pada Alam, Ciptakan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini