Masih Banyak Guru yang Belum Terbiasa Dengan Komputer

Selasa, 03 Maret 2020 19:20 Erni Nur'aeni NewSmart

Masih Banyak Guru yang Belum Terbiasa Dengan Komputer

 

Koropak.co.id - Di zaman digital 4.0, tidak hanya kawula muda yang dituntut untuk selalu berinovasi serta berkreativitas, guru pun harus mampu menciptakan serta memanfaatkan teknologi sebagai penunjang pembelajaran.

Guna mencapainya, sebanyak 110 guru se-Kota Tasikmalaya mengikuti pendidikan serta pelatihan, yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Kelompok Kerja Guru (FKKG) SD yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya di Aula Ormawa Universitas Perjuangan, Selasa (3/3/2020).

Ditemui Koropak selepas pelatihan, Ketua FKKG Kota Tasikmalaya Purnomo Saputro M.Pd menuturkan kemampuan guru dari segi Information and Communications Technology (ICT) masih kurang.

 

Baca : Wahai Guru Jangan Hanya Mampu Membuat Powerpoint

 

"Hal tersebut dilihat dari hasil Uji Kompetensi Berbasis Komputer tahun 2015, banyak guru yang bernilai kecil. Bahkan, karena pengerjaannya menggunakan komputer, sedangkan banyak guru yang belum terbiasa dengan komputer, sehingga banyak yang tidak dapat melanjutkan ujiannya," ujarnya.

Dari segi pemanfaatan ICT untuk pembelajaran di kelas, kata Purnomo, Kementerian Pendidikan mempunyai program-program yang berhubungan dengan ICT tersebut untuk guru seperti organisasi yang dikhususkan untuk pelatihan virtual.

Purnomo berharap pelatihan tersebut, guru-guru mulai melakukan pembelajaran dengan menggunakan teknologi sehingga murid-murid juga dapat turut belajar dengan memanfaatkan ICT.*

 

Lihat : Ribuan Pelajar di Kota Tasikmalaya Mainkan Angklung Serempak