Pentingnya Mengenalkan Anak Pada Alam Sejak Dini

Minggu, 26 Januari 2020 09:39 Dede Hadiyana TipSmart

Pentingnya Mengenalkan Anak Pada Alam Sejak Dini


Koropak.co.id - Manusia secara naluri tertarik pada alam sekitar. Tak terkecuali anak-anak. Meskipun tidak semua anak beruntung lahir dan tumbuh di lingkungan yang dekat dengan alam, baiknya kenalkan anak pada alam sejak dini karena alam tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.

Dalam karya tulis seorang ahli yang diterbitkan American Medical Association, menyatakan bahwa anak-anak menjadi lebih pintar, lebih sehat, lebih mampu bergaul dengan orang lain, dan bahagia saat mereka bisa bermain bebas di luar rumah atau di alam terbuka. Berikut Koropak telah merangkum ulasan manfaat mengenalkan anak pada alam sejak dini.

1. Membangun rasa percaya diri
Bermain di alam bebas memberikan anak kesempatan untuk menjadi apa yang ia mau serta bebas berinteraksi dengan lingkungan yang memacu untuk bisa mengendalikan tindakannya sendiri. Hal itu menjadi modal penting agar anak bisa bertahan di kehidupannya hingga tumbuh sebagai sosok yang percaya diri.

 

2. Mengembangkan kreativitas dan imajinasi
Alam sudah menyediakan berbagai bentuk eksplorasi yang tidak terbatas, mulai dari udara, air, tanah, termasuk flora dan fauna yang bisa dijadikan kreasi bagi anak. Mengenal alam tentunya mengajarkan anak banyak pengetahuan dan pengalaman baru secara langsung yang bermanfaat bagi kehidupan.

 

Koropak.co.id - Pentingnya Mengenalkan Anak Pada Alam Sejak Dini (2)

 

Baca : Optimalkan Edukasi Anak Melalui Pengenalan Alam Terbuka

 

3. Membuat anak aktif bergerak
Tidak sebabas saat anak bermain didalam rumah, anak akan lebih aktif bergerak ketika bermain di alam terbuka, berberak bebas dengan leluasa tidak terpaku pada satu objek. Selain melatih motorik kasar dan halusnya, dengan aktif bergerak bida menurunkan potensi obesitas.

 

4. Menghindari stress
Sebuah teori tentang pemulihan perhatian bahwa lingkungan perkotaan menuntut suatu kondisi yang disebut perhatian terarah dimana akan menguras perhatian dan otak. Namun sebaliknya, alam bisa menciptakan perasaan senang dan mengurangi kelelahan. Maka, liburan ke alam terbuka bersama anak bisa menjadi pilihan liburan penghilang stres.

 

5. Mengajarkan tanggung jawab
Walaupun bergerak bebas, anak harus diajarkan bagaimana menjaga lingkungan dan keseimbangan ekosistem alam. Dalam hal ini, si kecil harus mengerti bahwa alam harus tetap dijaga dan dirawat. Anak belajar untuk menjadi bebas di alam, namun tetap bertanggung jawab atas apa yang dilakukan terhadap alam.*

 

Lihat : Kenalkan Anak Pada Alam, Ciptakan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini

Berita Terkait