Ketahui Hal Ini, Sebelum Memilih Jurusan Sastra Jepang

Jum'at, 24 Januari 2020 08:30 Eris Kuswara TipSmart

Ketahui Hal Ini, Sebelum Memilih Jurusan Sastra Jepang


Koropak.co.id - Berbicara tentang kuliah di bidang sastra, terutama sastra asing, merupakan studi yang menarik bagi mahasiswa yang hobi mempelajari tata bahasa, sejarah dan juga kebudayaan suatu negara. Salah satu contohnya sastra Jepang yang paling banyak diminati.

Sebelum benar-benar memilih jurusan sastra Jepang sebagai bidang yang akan digeluti di perguruan tinggi, alangkah baiknya terlebih dahulu harus mengetahui segala hal tentang jurusan sastra Jepang.

Dalam sastra Jepang, mahasiswa akan mempelajari tata bahasa yang kaya dari Negeri Sakura dalam sastra Jepang menggunakan 5 huruf untuk komunikasi verbalnya yaitu Hiragana, Katakana, Kanji, Romaji dan Alphabet.

Selain kekayaan dari segi bahasa dan sastra, Jepang juga memiliki beragam kebudayaan unik hingga diakui oleh dunia mulai dari tradisi membungkuk sebagai penghormatan kepada orang lain, Ikebana atau seni merangkai bunga dan tradisi lainnya.

Jurusan sastra Jepang ini juga merupakan program studi di perguruan tinggi yang didesain untuk bisa mencetak mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keahlian mumpuni di bidang bahasa, sastra serta kebudayaan Jepang. Jurusan ini sendiri biasanya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya.

 

Koropak.co.id - Ketahui Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Sastra Jepang (2)

 

Baca : Jurnalistik, Sastra yang Bangkitkan Human Interest

 

Adapun beberapa mata kuliah yang akan dipelajari selama kuliah di jurusan ini meliputi Shokyuu Choukai atau listening, Nihonjijo atau budaya, Bijinesu Kaiwa atau bisnis percakapan, Nihonshi atau sejarah, Shokyuu Bunpou, Shokyuu Kanji, Shokyuu Kaiwa, Nihongogaku atau sastra dan lainnya.

Di Indonesia, guna mencari universitas yang menyediakan jurusan ini tidaklah susah karena kini berbagai universitas besar di Indonesia sudah membuka jurusan sastra Jepang mulai dari Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, hingga Universitas Indonesia.

Setelah lulus juga, mahasiswa sastra Jepang juga tidak perlu bingung memikirkan profesi apa yang bisa digeluti karena dengan perkembangan industri saat ini, banyak sekali prospek karier yang bisa digeluti dengan basic sastra Jepang, salah satunya profesi di bidang bisnis dan menjadi tenaga pengajar sastra Jepang.*

 

Baca pula : Penguasaan Bahasa Jepang Adalah Kunci Untuk Bisa Bekerja di Jepang