SMKN 1 Garut

Rabu, 14 Februari 2018 07:19 Kemala Adiyatma Sekolah

SMKN 1 Garut

Sekolah dengan Ratusan Penghargaan

Koropak.co.id- SMKN 1 Garut yang beralamat di Jalan Cimanuk Nomor 309A, Pataruman, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut itu berdiri pada 1 Agustus 1959 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan yang diresmikan tanggal 24 Juli 1959.

SMKN 1 Garut telah ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Dilaksanakan sekitar Mei 2008 yang ditandai dengan penandatanganan MOU antara pihak DirJen Pendidikan Menengah dan Kejuruan dengan pihak SMKN 1 Garut.

SMKN 1 Garut Berdiri di atas luas tanah 16.535 meter persegi, SMKN 1 Garut memiliki fasilitas proses pembelajaran meliputi ruang teori, ruang guru, laboratorium, ruang administrasi, ruang perpustakaan, ruang kantor, dan lainnya. Pada tahun 1994, SMKN 1 Garut mendapat bantuan dari Direktorat Pendidikan Jakarta guna membangun Gedung Bisnis Center di atas tanah milik Pemkab Garut.

Dengan menyediakan berbagai Ekstrakulikuler yang terbilang cukup lengkap sehingga siswa dapat menyalurkan bakat sesuai minatnya masing-masing seperti Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), Kesenian, Olahraga, Patroli Keamanan Sekolah(PKS) dan lainnya.

SMKN 1 Kabupaten Garut, pernah meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI sebagai sekolah yang menerapkan lingkungan hidup secara baik. Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolahnya. Tidak hanya itu, SMKN 1 Garut pun pernah meraih nilai Bahasa Inggris tertinggi tingkat Provinsi Jawa Barat mengalahkan siswa di kota besar lainnya dalam hasil Ujian Nasional (UN) 2016.*