SMKN 2 Tasikmalaya Gelar Talkshow Bersama Perusahaan Jepang

Kamis, 26 Desember 2019 19:59 Eris Kuswara Sekolah

SMKN 2 Tasikmalaya Gelar Talkshow Bersama Perusahaan Jepang


Koropak.co.id - Jepang merupakan negara yang menguasai pasar teknologi sebesar 65 persen, namun sayangnya perkembangan penduduknya masih kurang untuk generasi muda produktif, sehingga hal tersebut menjadi peluang yang baik untuk SMKN 2 Tasikmalaya untuk berani menjalin kerjasama agar dapat menyalurkan siswa menjadi tenaga kerja di Jepang.

Komitmen tersebut dituangkan dalam kebijakan sekolah yang menambahkan bahasa Jepang sebagai mata pembelajaran yang pada awalnya hanya sebagai ekstrakurikuler saja.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Tasikmalaya, Dr H Wawan, S.Pd., M.M. kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan talkshow bersama Teknia'S Representative Jepang yang digelar di Aula 2 SMKN 2 Tasikmalaya, Kamis (26/12/2019) dengan mendatangkan langsung President Direktur Teknia's Group Jepang, Kito Makoto.

 

Koropak.co.id - Siapkan Generasi Unggul, SMKN 2 Gelar Talkshow Bersama Teknia's Group Jepang (4)

 

"Kebijakan yang diberikan sekolah kepada siswa kami adalah mengikuti pembelajaran Bahasa Jepang selama 3 tahun. Kedatangan President Direktur Teknia's Group Jepang, Kito Makoto adalah untuk melihat secara langsung kondisi di SMKN 2 Tasikmalaya. Salah satu buktinya adalah terdapat lulusan dari sekolah ini yang bekerja di perusahaan Teknia's Group," kata Wawan.

Ditambahkan Wawan, Teknia's Group sendiri merupakan perusahaan asal Jepang yang memiliki jaringan lebih dari 1.000 UMKM di seluruh dunia yang bergerak di bidang manufacture. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga turut memberikan kebijakan dengan membebaskan seluruh kepala sekolah untuk berinovasi dalam mengembangkan dan membuat jaringan secara internasional.

 

Koropak.co.id - Siapkan Generasi Unggul, SMKN 2 Gelar Talkshow Bersama Teknia's Group Jepang (2)

 

Baca : Jumlah Pendaftar Di SMKN 2 Tasikmalaya Membeludak


"Kedatangannya Presiden Direktur Teknia's Group ke SMKN 2 Tasikmalaya bertujuan guna meninjau kegiatan yang kami lakukan dalam menyiapkan siswa SMKN 2 Tasikmalaya untuk diberangkatkan ke Jepang dengan terlebih dahulu mengikuti pembinaan karakter atau sikap yang mengarah kepada budaya-budaya Jepang tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya lokal," ucapnya.

Wawan menuturkan, untuk tahap seleksi yang dilakukan juga cukup ketat mulai dari riwayat keluarga, riwayat anak, kesehatan, skill dan bahasa. Hal tersebut dilakukan agar tidak menjadi blunder bagi SMKN 2 Tasikmalaya dalam menentukan siswa yang akan diberangkatkan. Kemudian, Teknia's Group juga memberikan penawaran kepada guru di SMKN 2 Tasikmalaya untuk mengikuti program magang guru selama 3 bulan serta program magang siswa selama 10 bulan di Jepang.*

 

Baca pula : Penguasaan Bahasa Adalah Kunci Utama Untuk Bisa Bekerja di Jepang