SMPN 1 Ciamis Optimis Juara Sekolah Sehat Tingkat Provinsi

Sabtu, 21 Desember 2019 06:26 Clara Aditia Sekolah

SMPN 1 Ciamis Optimis Juara Sekolah Sehat Tingkat Provinsi


Koropak.co.id - Kepala SMPN 1 Ciamis, Dr. Agus Sumantri, M.Pd menuturkan setelah menyabet gelar juara di tingkat kabupaten, SMPN 1 Ciamis kini memasuki tahap penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) Berkarakter di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dijumpai Koropak selepas penilaian LSS Berkarakter oleh tim penilaian dari Setda Provinsi Jawa Barat, di Kampus SMPN 1 Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 6, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019), Agus menuturkan penilaian yang digelar kali ini merupakan penilaian tahap kedua setelah di penilaian tahap pertama yang dilakukan pada 16 November 2019, dari 17 sekolah tingkat SMP se-Jawa Barat, SMPN 1 Ciamis lolos ke 5 besar.

"Adapun dalam penilaian LSS Berkarakter meliputi sarana dan prasarana sekolah, serta karakter siswa, hingga komitmen sekolah menuju sekolah sehat," ucapnya.

 

Baca : Menuju Sekolah Sehat, SMPN 1 Ciamis Dinilai Tim Provinsi

 

Untuk di SMPN 1 Ciamis, kata Agus, dalam penilaian LSS Berkarakter, wc siswa diharuskan 1 berbanding 25 untuk WC siswa putri, dan 1 berbanding 40 untuk WC putra. Sedangkan SMPN 1 Ciamis memiliki 23 WC putri untuk total 494 siswa putri, serta 13 WC putra untuk 394 siswa putra.

"Untuk UKS, sekolah harus memiliki 2 ruangan untuk putra dan putri dengan WC di dalam ruangan UKS, serta dengan ranjang pasien 1 berbanding 100 siswa. Kami memiliki dua ruangan UKS, dengan 7 ranjang untuk ruangan UKS putri, dan 5 ranjang untuk ruangan UKS putra," katanya.

Ditambahkan Agus, dalam kriteria penilaian karakter siswa, SMPN 1 Ciamis sendiri senantiasa membekali siswa dengan karakter yang sehat jasmani rohani, serta memiliki karakter religius nasionalis, memiliki kemandirian dan integritas.

"Insyaallah kami optimis. Semoga hasilnya nanti sesuai harapan, bahwa SMPN 1 Ciamis dapat menjuarai LSS Berkarakter di tingkat provinsi," tutur Agus.

 

Koropak.co.id - SMPN 1 Ciamis Optimis Juara Sekolah Sehat Tingkat Provinsi (1)

 

Sebelumnya, ucap Agus, SMPN 1 Ciamis menyandang Sekolah Adiwiyata Nasional yang merupakan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk sekolah yang memiliki orientasi lingkungan.

"Oleh sebab itu, di SMPN 1 Ciamis, rimbun dengan tanaman-tanaman hijau yang pengadaannya berasal dari partisipasi seluruh warga sekolah. Bahkan, dalam proses perawatannya, kami berkreasi dengan memanfaatkan air siswa wudlu dan dari wastafel yang ada di setiap ruang kelas. Jadi, saat kemarau, tanaman tetap dapat tersirami dan terawat," ucapnya.*

 

Baca pula : Siswa SMPN 4 Ciamis Diimbau Isi Liburan Akhir Tahun Dengan Kegiatan Positif