NAC SMPN 1 Tasikmalaya Dimeriahkan Pentas Seni Kolaborasi Multi Dimensi

Rabu, 18 Desember 2019 18:15 Eris Kuswara Sekolah

NAC SMPN 1 Tasikmalaya Dimeriahkan Pentas Seni Kolaborasi Multi Dimensi

 


Koropak.co.id - Nesatta Art Concert (NAC) merupakan salah satu program rutin sekolah yang diadakan pada 18 hingga 19 Desember 2019. Kegiatan NAC juga menjadi bagian pengujung dari proses kegiatan pembelajaran, pendampingan, dan bimbingan ekstrakurikuler selama anak belajar sejak kelas VII, VIII dan diakhiri dengan ditampilkannya kreasi seni pada saat mereka sudah kelas IX.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Tasikmalaya, H Cecep Susilawan S.Pd.,  MM kepada Koropak saat menghadiri kegiatan Nesatta Art Concert (NAC) SMPN 1 Kota Tasikmalaya yang diadakan di Lapangan SMPN 1 Kota Tasikmalaya, Rabu (18/12/2019).

"Kegiatan NAC dihari pertama menampilkan band dan dance, kemudian di hari terakhir, Kamis (19/12/2019) besok, ada bazaar dan operet yang menampilkan 11 kelas. Event NAC sendiri berupa ajang kompetisi atau lomba. Insyaallah di acara penutupan besok juga akan diumumkan kelas mana yang terbaik untuk 3 perlombaan yakni dance, band, dan operet," kata Cecep.

 

 Koropak.co.id - NAC SMPN 1 Tasikmalaya Dimeriahkan Pentas Seni Kolaborasi Multi Dimensi (2)


'

Ditambahkan Cecep, NAC ini sudah berlangsung selama belasan tahun dan selalu dilaksanakan 1 tahun sekali pada setiap Desember.

"Selain NAC, SMPN 1 Kota Tasikmalaya juga selalu menggelar kegiatan seru di momentum HUT SMPN 1 Tasikmalaya yang dilaksanakan setiap Maret", ucapnya.

Melalui suguhan budaya berkearifan lokal di NAC 2019, kata Cecep, dapat menunjukan bahwa para siswa turut mencintai dan menyukai budaya lokal dan tradisional tetapi mereka juga tidak tertinggal dari budaya kontemporer dan modern.

 

Koropak.co.id - NAC SMPN 1 Tasikmalaya Dimeriahkan Pentas Seni Kolaborasi Multi Dimensi (3)

 

Cecep menuturkan, paduan budaya tradisional, kontemporer dan modern tampak pada dance, band serta operet yang ditampilkan. Dengan kolaborasi tersebut, pihak sekolah berharap NAC bisa menjadi ajang pertunjukkan kearifan lokal serta budaya sekolah yang terus berkesinambungan dengan tujuannya menggali potensi siswa di bidang seni dan budaya.

"Di masa datang, diharapkan tampil para siswa yang mumpuni dan berprestasi, baik dari akademik, non akademik serta turut berprestasi dari seni dan budaya. Untuk menciptakan SDM unggul, kami juga terus mengembangan pendidikan karakter serta gerakan literasi sekolah," ujarnya.

Dikatakan Cecep, terdapat konten-konten yang jadi program unggulan SMPN 1 Tasikmalaya sebagai penunjang upaya menciptakan SDM unggul seperti Sekolah Ramah Anak, sekolah berbudaya lingkungan, sekolah sehat dan satuan pendidikan aman bencana.*


Baca : Nesatta Art Concert, Ajang Unjuk Bakat Siswa SMPN 1 Tasikmalaya