Fakultas Ekonomi Unigal Siap Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

Kamis, 05 Desember 2019 19:05 Clara Aditia Kuliah

Fakultas Ekonomi Unigal Siap Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020


Koropak.co.id - Segenap mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis siap untuk menyukseskan sensus penduduk online di Kabupaten Ciamis yang rencananya akan dimulai pada Februari hingga Maret 2020.

Dijumpai Koropak selepas Kuliah Umum bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis di Auditorium Fakultas Ekonomi Kampus Unigal Ciamis, Kamis (5/12/2019) Dekan Fakultas Ekonomi Unigal, Nurdiana Mulyatini, SE.,MM menuturkan Kuliah Umum yang diikuti 140 mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen dan Akuntansi tersebut merupakan bentuk kolaborasi lembaga dengan badan lain guna turut berpartisipasi menyukseskan program pemerintah.

"Di kuliah umum ini dipaparkan tentang sensus penduduk serta pengumpulan data statistik. Selama ini ada paradigma bahwa mengumpulkan data statistik itu ribet dan membingungkan. Di kuliah umum ini, BPS meluruskan paradigma tersebut dengan memberikan pemaparan yang sederhana dan mudah," katanya.

Tujuan lainnya, ucap Nurdiana, guna mengedukasi mahasiswa agar dapat mengetahui konsep penyusunan karya ilmiah yang menggunakan data statistik.

"Turut dipaparkan sosialisasi tentang sensus penduduk yang perlu dukungan bersama. Terutama dari kalangan mahasiswa sebagai agent of change yang diharap dapat menyampaikan kembali informasi tentang sensus penduduk kepada masyarakat," katanya.

 

Koropak.co.id - Fakultas Ekonomi Unigal Siap Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020 (2)

 

Baca : Di Kabupaten Ciamis, Penyebaran HIV/AIDS Masih Sangat Tinggi

Dikatakan Nurdiana, banyak korelasi antara kestatistikan dengan disiplin ilmu ekonomi. Sehingga kuliah umum tersebut sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, terutama mereka yang tengah menyusun tugas akhir.

"Dalam disiplin ilmu ekonomi, banyak keterkaitan dengan data sekunder, termasuk pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan penduduk, dan data statistik lainnya yang dibutuhkan untuk melengkapi penelitian dan karya ilmiah, baik oleh mahasiswa maupun dosen," tuturnya.

Oleh sebab itu, ucap Nurdiana, melalui kuliah umum bersama BPS, diharapkan seluruh mahasiswa dapat mengenal dan memahami teori tentang data statistik, dan tumbuh spirit untuk bersama menyukseskan sensus penduduk online di tahun 2020 mendatang.*

 

Baca pula : Seks Bebas, Gerbang Durjana Tumbuh Kembang HIV/AIDS