Seks Bebas, Gerbang Durjana Tumbuh Kembang HIV/AIDS

Rabu, 04 Desember 2019 21:51 Clara Aditia Kuliah

Seks Bebas, Gerbang Durjana Tumbuh Kembang HIV/AIDS

 

Koropak.co.id - Melalui program Save Your Life yang sudah berjalan selama 15 tahun, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh terus berupaya untuk berkontribusi aktif memerangi penyebaran HIV/AIDS khususnya di Kabupaten Ciamis yang terbilang masih sangat tinggi.

Dijumpai Koropak di Kampus Unigal, Rabu (4/12/2019) Ketua BEM Fakultas Ekonomi Unigal, Bobby Septiana Irawan menuturkan program Save Your Life menjadi program unggulan Fakultas Ekonomi Unigal yang dilaksanakan tiap menyambut Hari HIV/AIDS sedunia yang diperingati setiap 1 Desember tiap tahunnya.

"Termasuk kegiatan Save Your Life yang kami gelar pada Senin (2/12/2019) kemarin. Tujuannya memperingati Hari HIV/AIDS sedunia sekaligus menjadi langkah nyata kami untuk berkontribusi memutus mata rantai penyebaran HIV/AIDS," ucap Bobby.

Sebelumnya, kata Bobby, telah digelar rangkaian kegiatan berupa roadshow edukasi HIV/AIDS ke tiap sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis, khususnya di daerah yang jauh dari kota. Roadshow yang digelar pada 18-28 November 2019 tersebut menjadi ajang untuk mengedukasi pelajar tentang hal-hal penyebab penyebaran HIV/AIDS dan mengajak untuk menghindari sekaligus memeranginya.

 

 

Koropak.co.id - Seks Bebas, Gerbang Durjana Tumbuh Kembang HIVAIDS

 

Baca : Di Kabupaten Ciamis, Penyebaran HIVAIDS Masih Sangat Tinggi

 

"Save Your Life merupakan program kami dalam memerangi HIV/AIDS yang berangkat dari kekhawatiran kami terhadap pergaulan anak muda zaman sekarang yang tidak ragu untuk menjajal seks bebas. Padahal, seks bebas merupakan pintu masuk tumbuh dan tertularnya HIV/AIDS," katanya.

Oleh sebab itu, ucap Bobby, digelarlah edukasi ke tiap sekolah dengan harapan para pelajar, yang merupakan generasi muda penerus bangsa, dapat memiliki pemahaman yang baik tentang HIV/AIDS, mulai dari bahayanya, hingga medianya penyebarannya.

"Dengan dipahaminya HIV/AIDS, maka angka penyebaran HIV/AIDS bisa ditekan. Saat ini, terjadi ironi, Ciamis yang dikenal sebagai kota pensiun, ternyata angka pertumbuhan HIV/AIDS terus meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2019 saja, dari Januari hingga November terjadi 66 kasus, dengan total lebih dari 400 kasus," tuturnya.

Jelas, ucap Bobby, angka tersebut menjadi kekhawatiran semua pihak, termasuk Fakultas Ekonomi Unigal. Jika dianalisa, hal yang paling mungkin terjadi, adalah perubahan gaya hidup masyarakat yang pernah merantau ke kota besar, dan seketika kembali ke Ciamis, membawa penyakit HIV/AIDS.

"Marilah kita gelorakan spirit memerangi HIV/AIDS dengan memulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan. Stop pergaulan bebas, hindari seks bebas, cegah penularan HIV/AIDS," ucap Bobby.*

 

Baca pula : BEM FE Unigal Sosialisasikan P4GN di SMKN 2 Ciamis