Ulin Loko Edu Trip , Kenalkan Lokomotif Kereta Pada Siswa TK

Rabu, 27 November 2019 16:49 Erni Nur'aeni Sekolah

Ulin Loko Edu Trip , Kenalkan Lokomotif Kereta Pada Siswa TK


Koropak.co.id - Sekitar 130 anak dari Labolatorium School UPI Tasikmalaya mengikuti Ulin Loko Edu Trip dari Stasiun Kota Tasikmalaya ke Stasiun Cibatu Garut, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019).

Kepada Koropak, Direktur Yayasan dan Leader Guide Ulin Loko Jejen Jenal Jaenudin mengatakan Saung Mangezen Foundation mempunyai salah satu program andalan, yaitu Ulin Loko yang turut bekerjasama dengan PT KAI.

"Kegiatan ini merupakan upaya memfasilitasi sekolah-sekolah tingkat dasar untuk mengenali lokomotif hingga sistem di PT KAI sehingga menjadi media pembelajaran di luar sekolah yang bertemakan pengenalan alat transportasi," kata Jejen yang akrab disapa Mangezen.

Selain Ulin Loko, ucap Mangezen, Saung Mangezen Foundation juga memiliki program Ulin Ngojay dan Ulin Dongeng. Dipilihnya kereta api sebagai salah satu obyek pembelajaran dikarenakan terdapat sistem-sistem rapih yang digunakan untuk membangun karakter anak, seperti di antaranya mengecek pemesanan tiket, e-boarding, sampai mencari nomor kursi dalam kereta.

 

Koropak.co.id - Edu Trip Ulin Loko, Kenalkan Lokomotif Kereta Pada Siswa TK 3

 

"Jadi mereka diberikan pembelajaran mengenai cara mengecek tiket, tata tertib di stasiun sampai mereka masuk ke dalam kereta menyesuaikan tempat duduk sesuai dengan nomor kursinya," kata Mangezen.

Dengan pendidikan di luar sekolah tersebut, ucap Mangezen, secara tidak langsung dalam alam bawah sadarnya akan terbentuk pola perilaku antri. Pengenalan budaya antri dengan konsep menyenangkan membuat materi yang diberikan akan mudah diserap.

"Jika mereka dididik sejak dini bukan tidak mungkin jika 5 atau 10 tahun ke depan mereka akan menjadi pribadi yang baik," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, ucap Mangezen, pihaknya mengajak siswa TK untuk menikmati pengalaman naik kereta yang menyenangkan sekaligus meluruskan image bahwa kereta api yang sebenarnya adalah seperti yang dikenalkan di kegiatan ulin Loko tersebut, bukan odong-odong yang biasa ada dijalan, yang dicap oleh sebagian masyarakat sebagai kereta," katanya.

 

Koropak.co.id - Edu Trip Ulin Loko, Kenalkan Lokomotif Kereta Pada Siswa TK 1

 

Baca : Yuk, Kenali CR400AF, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Tidak itu saja, mereka pun diberikan pengetahuan mengenai perbedaan lokomotif yang mengangkut barang dan orang. Setelah mereka mengenal kemudian mempraktikkannya, diharapkan tidak hanya sekedar mengenal transportasi namun juga dapat mengenakan transportasi umum sebagai salah satu solusi mengurangi polusi udara.

"Ketika saya merancang program pembelajaran ini, ternyata mendapat atensi yang baik dari PT KAI. Sehingga pada Oktober 2018 program ini digulirkan. Sampai saat ini, Edu Trip ini sudah berjalan sebanyak 7 kali perjalanan," ujarnya.*

 

Baca pula : Siswa SD Lab School UPI Tasikmalaya Dikenalkan Profesi Masinis