Pendidikan Karakter Bukan Hanya Tanggungjawab Sekolah

Senin, 25 November 2019 18:40 Clara Aditia NewSmart

Pendidikan Karakter Bukan Hanya Tanggungjawab Sekolah

 

Koropak.co.id - Kepala SMAN 1 Ciamis, Drs. H. Wawan Haryawan, M.Pd menuturkan dalam membentuk karakter anak, tidak bisa sekolah berjalan sendiri. Memerlukan dukungan dari pihak keluarga dan lingkungan masyarakat sebab siklus kehidupan anak tidak hanya berpusatkan di sekolah, namun juga di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

Oleh sebab itu diperlukan sinergitas tiga elemen tersebut agar dapat tercipta generasi penerus bangsa yang berilmu dan berkarakter. Demikian disampaikan Wawan kepada Koropak selepas membuka Peringatan Hari Guru bertema "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Sebagai Perantara Ilmu dan Lentera Kehidupan" yang digelar di SMAN 1 Ciamis, Senin (25/11/2019).

"Sekolah memberikan pendidikan dalam keilmuan. Juga menyisipkan pembekalan karakter bagi siswa. Namun hal itu tidak akan optimal jika tidak adanya dukungan dan keterlibatan dari keluarga dan masyarakat," katanya.

Misalnya dalam pembentukan karakter anak agar taat aturan. Jika hanya mengandalkan pembekalan di sekolah, tanpa ada pembudayaan di lingkungan keluarga dan masyarakat, maka tetap saja tidak akan optimal tertanam dalam pribadi anak.

 

Koropak.co.id - Pendidikan Karakter Bukan Hanya Tanggungjawab Sekolah (3)

 

Baca : Alumni SMAN 1 Ciamis Harapkan Siswa Dominasi Perguruan Tinggi Negeri

Sementara itu, di momentum Hari Guru Nasional, segenap warga SMAN 1 Ciamis merayakannya dengan beragam kegiatan seru, diawali dengan pengalungan bunga bagi guru dan kepala sekolah oleh perwakilan murid sebagai tanda terimakasih atas jasa guru yang telah mendidik, membimbing, dan mengajar para siswa menjadi insan yang berpendidikan.

Digelar pula penampilan kreasi seni yang ditampilkan perwakilan kelompok siswa. Bahkan penampilan paling memukau ditampilkan kelompok siswa yang menampilkan kabaret Dealova dengan alunan paduan suara yang mengiringi sepasang dewa dan dewi menari.*

 

Baca pula : Alumni SMAN 1 Ciamis Galang Komitmen Berkontribusi Bagi Daerah