Di Rajadesa Ciamis, Tujuh SD Tidak Memiliki Kepala Sekolah

Senin, 25 November 2019 17:31 Clara Aditia NewSmart

Di Rajadesa Ciamis, Tujuh SD Tidak Memiliki Kepala Sekolah


Koropak.co.id - Di momentum Hari Guru Nasional, potret buram pendidikan masih banyak dijumpai di daerah. Tidak terkecuali di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Kecamatan Rajadesa. Sebanyak 7 sekolah dasar tidak memiliki pejabat kepala sekolah.

Lebih dari itu, di Rajadesa tidak sedikit sekolah yang minim guru PNS. Bahkan, satu sekolah hanya memiliki 3 guru PNS dan sisanya dibantu oleh tenaga honorer dengan tingkat kesejahteraan yang masih jauh dari kata sejahtera.

Dikonfirmasi Koropak selepas kegiatan Jalan Sehat dalam rangka Hari Guru Nasional tingkat Kecamatan Rajadesa, Senin (25/11/2019), Ketua PGRI Kecamatan Rajadesa, A. Haris, S.Pd., S.IP., M.Pd menuturkan dalam keanggotaan PGRI Kecamatan Rajadesa, terdapat 163 guru PNS dan 130 guru honorer.

"Namun jumlah tersebut tetap tidak mencukupi kebutuhan guru. Masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga guru di Rajadesa," katanya.

 

Koropak.co.id - Di Rajadesa Ciamis, Tujuh SD Tidak Memiliki Kepala Sekolah (1)

 

Baca : PGRI harapkan Perhatian Pemerintah Bagi Tenaga Honorer

Seiring dengan kekurangan tersebut, ucap Haris, diharapkan Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa menerbitkan kebijakan khusus bagi kesejahteraan guru honorer karena peranannya sangat dibutuhkan dalam menutupi kekurangan guru di tiap sekolah yang ada di Kecamatan Rajadesa.

Sementara itu, dari pantauan Koropak, kegiatan Jalan Sehat yang digelar PGRI Kecamatan Rajadesa berlangsung meriah. Lebih dari 5.000 peserta turut berpartisipasi memeriahkan ajang yang digelar dalam rangka Hari Guru Nasional tersebut, mulai dari kalangan pendidik, pelajar, hingga masyarakat umum.

Tujuan digelarnya jalan sehat tersebut menjadi wujud refleksi semangat PGRI Kecamatan Rajadesa untuk meningkatkan profesionalisme guru sebagai komponen terdepan dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.*

 

Baca pula : Refleksi Hari Guru Banyak Honorer Butuh Perhatian Pemerintah