Refleksi Hari Guru, Banyak Honorer Butuh Perhatian Pemerintah

Sabtu, 23 November 2019 16:08 Clara Aditia NewSmart

Refleksi Hari Guru, Banyak Honorer Butuh Perhatian Pemerintah


Koropak.co.id - Ketua PGRI Kecamatan Kawali, Drs. H. Aan Sunendar, M.Pd menuturkan memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 26 November 2019 mendatang, PGRI berharap ada peningkatan kesejahteraan di kalangan tenaga pendidik, tak terkecuali para tenaga honorer.

Demikian disampaikan Aan selepas membuka kegiatan Jalan Sehat tingkat Kecamatan Kawali yang dikonsentrasikan di Alun-Alun Surawisesa Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019). Jalan Sehat digelar dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional, HUT PGRI, serta HUT Korpri.

"Di momentum Hari Guru Nasional ini, masih banyak hal yang harus terus dipacu. Termasuk kesejahteraan guru honorer yang sangat terbatas. Kalau guru SMA kan kini sudah di bawah koordinasi provinsi, kasihan bagi honorer di SD dan SMP yang masih mengandalkan BOS, sedangkan BOS sendiri sifatnya terbatas," katanya.

Namun, ucap Aan, meskipun masih sangat terbatas, para guru khususnya guru honorer tetap mengabdi, membagikan ilmu guna mencerdaskan kehidupan generasi penerus bangsa.

"Kami harapkan kesejahteraan bagi para guru, khususnya para guru honorer dapat meningkat. Kami juga berharap para guru dapat mengimbangi dan menguasi perkembangan teknologi yang semakin melesat. Jika guru tidak bisa menyesuaikan diri jelas akan ketinggalan," katanya.

Ditambahkan Aan, ada spirit yang diusung melalui kegiatan jalan sehat yang dibuka Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya tersebut, yakni memacu peningkatan guru menuju sumber daya unggul. Guru harus profesional, dan mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan dan pekembangan teknologi.

"Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru mengabdi secara tulus dan ikhlas untuk mencerdaskan anak bangsa. Semoga kesejahteraan guru dapat meningkat, terutama bagi guru honorer, diharap dapat segera diangkat jadi guru PNS," ucapnya.

 

Koropak.cio.id - Refleksi Hari Guru, Banyak Honorer Butuh Perhatian Pemerintah 2

 

Baca : PGRI Harapkan Perhatian Pemerintah Bagi Tenaga Honorer

Sementara itu, kegiatan jalan sehat sendiri merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Guru Nasional di tingkat Kecamatan Kawali. Sebelumnya telah digelar sejumlah kegiatan seru, mulai perlombaan olahraga bola voli antar ranting se-Kecamatan Kawali, hingga latihan bersama paduan suara Mars PGRI dan Hymne PGRI.

"Jalan sehat menjadi upaya kami menyadarkan masyarakat, khususnya para guru untuk menjaga kesehatannya, sebab di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat," katanya.

Tidak hanya menggelar kegiatan olahraga yang baik untuk kesehatan fisik, dalam rangka Hari Guru Nasional, PGRI Kecamatan Kawalu juga melanjutkan kegiatan dengan menggelar Tabligh Akbar dan santunan anak yatim di malam harinya.

"Melalui Tabligh akbar, kami berharap tidak hanya kesehatan fisik yang terbina, namun juga kesehatan psikis," ucap Aan.*

 

Baca pula : Guru Diberikan Edukasi Berbasis Daya Pikir Tingkat Tinggi