Alumni SMAN 1 Ciamis Harapkan Siswa Dominasi Perguruan Tinggi Negeri

Minggu, 17 November 2019 02:16 Clara Aditia NewSmart

Alumni SMAN 1 Ciamis Harapkan Siswa Dominasi Perguruan Tinggi Negeri

 

Koropak.co.id - Alumni SMAN 1 Ciamis atau Alusmanis dari angkatan 1962 hingga angkatan 2018 akan berjumpa dalam Reuni Akbar yang akan digelar di Kampus SMAN 1 Ciamis, Minggu (17/11/2019) besok. Dalam Reuni Akbar tersebut, akan digelar serangkaian acara menarik, termasuk pidato motivasi dari sejumlah alumni yang telah menjadi sosok besar.

Dijumpai Koropak, Sabtu (16/11/2019) Ketua Pelaksana Reuni Akbar, Aris Safari menuturkan Reuni Akbar kali bukan hanya sekeda temu kangen, namun juga menjadi agenda penting untuk membangun kebersamaan, dan berkontribusi lebih optimal bagi almamater, juga bagi Kabupaten Ciamis.

"Kami harapkan siswa SMAN 1 Ciamis lebih siap dan andal untuk bersaing di kancah global. Lulusan SMAN 1 Ciamis harus percaya diri bahwa alumni SMAN 1 Ciamis merupakan SDM yang unggul dan kompeten," katanya.

Saat ini, ucap Aris, ada penurunan kuantitas dari lulusan SMAN 1 Ciamis yang masuk ke perguruan tinggi negeri. Hal itu yang turut menjadi sorotan Alusmanis untuk mendorong pertumbuhan lulusan SMAN 1 Ciamis yang masuk ke perguruan tinggi negeri.

"Beradasarkan data, lulusan SMAN 1 Ciamis sebanyak 30 persen masuk universitas negeri, dan 70 persen masuk universitas swasta. Padahal dahulu mayoritas lulusan SMAN 1 Ciamis masuk perguruan tinggi seiring prestasi yang begitu luar biasa. Kita akan rumuskan bagaimana persentase tersebut dibalik, menjadi 70 persen masuk universitas negeri dan 30 persen masuk swasta," katanya.

Namun, kata Aris, tidak dapat dimungkiri saat ini banyak pula lulusan yang tidak melanjutkan studi dan lebih memilih menjadi entrepreneur. Mindset pun berubah, mendorong insan-insan muda menjadi pebisnis.

"Pesan kami, untuk lulusan SMAN 1 Ciamis yang tidak melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dan memilih menjadi entrepreneur, kuasailah digitalisasi, sebab di era Revolusi Industri 4.0, digitalisasi adalah kunci kehidupan," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Alumni SMAN 1 Ciamis Harapkan Siswa Dominasi Perguruan Tinggi Negeri

 

Baca : Alumni SMAN 1 Ciamis Galang Komitmen Berkontribusi Bagi Daerah

 

Tidak hanya memberikan perhatian pada upaya peningkatan minat studi ke perguruan tinggi negeri, di momentum Reuni Akbar besok, Alusmanis juga akan menggalang komitmen bersama untuk menumbuhkan kontribusi alumni SMAN 1 Ciamis agar dapat lebih optimal bagi pembangunan SMAN 1 Ciamis, juga bagi Kabupaten Ciamis.

Bagi Kabupaten Ciamis, ucap Aris, Alumni SMAN 1 Ciamis didorong untuk lebih berperan dalam memacu retribusi daerah, serta Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Apa yang menjadi orientasinya, adalah bagaimana Ciamis bisa tumbuh seperti daerah lain. Setelah kami pelajari dan diskusi dengan beberapa ahli yang kompeten di kancah nasional, yang merupakan alumni SMAN 1 Ciamis angkatan tahun 1980, kami berdiskusi tentang bagaimana meningkatkan retirbusi dan PAD," tuturnya.*

 

Baca pula : SMAN 1 Ciamis Terbanyak Lolos SNMPTN