Alumni SMAN 1 Ciamis Galang Komitmen Berkontribusi Bagi Daerah

Minggu, 17 November 2019 01:59 Clara Aditia NewSmart

Alumni SMAN 1 Ciamis Galang Komitmen Berkontribusi Bagi Daerah


Koropak.co.id - Alumni SMAN 1 Ciamis atau Alusmanis dari angkatan awal tahun 1962 hingga angkatan 2018 menggalang komitmen untuk mendorong para alumnus agar dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah, khususnya bagi SMAN 1 Ciamis.

Dijumpai Koropak dalam seminar Reuni Akbar SMAN 1 Ciamis, Sabtu (16/11/2019), Ketua Panitia Reuni Akbar sekaligus alumni angkatan tahun 1981, Aris Safari menuturkan alumni SMAN 1 Ciamis telah banyak yang berkiprah di kancah nasional, bahkan telah mengukir sukses di tingkat internasional.

"Bahkan, banyak alumni SMAN 1 Ciamis yang telah menjadi pejabat tinggi hingga kepala daerah. Seperti halnya Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata yang merupakan alumni SMAN 1 Ciamis," katanya.

Saat ini, ucap Aris, digelarnya Reuni Akbar lintas angkatan yang akan berpuncak pada Minggu (16/11/2019) besok menjadi agenda penting untuk menggalang komitmen bersama agar para alumni dapat lebih berkontribusi bagi sekolah, juga bagi Kabupaten Ciamis.

"Seperti halnya sumbangan alat pendukung pembelajaran seperti laptop, pembangunan mushola, beasiswa bagi siswa berprestasi yang namun kurang mampu, serta sumbangsih kepedulian guru pensiunan dan guru janda atau duda. Itu semua akan digencarkan kembali, dengan langkah awal menyatukan komitmen dan kebersamaan antar alumni," tutur Aris.

 

 

Koropak.co.id - Alumni SMAN 1 Ciamis Galang Komitmen Berkontribusi Bagi Daerah

 

Baca : SMAN 1 Ciamis Lepas 400 Lulusan

Bagi Kabupaten Ciamis, ucap Aris, Alumni SMAN 1 Ciamis didorong untuk lebih berperan dalam memacu retribusi daerah, serta Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Apa yang menjadi orientasinya, adalah bagaimana Ciamis bisa tumbuh seperti daerah lain. Setelah kami pelajari dan diskusi dengan beberapa ahli yang kompeten di kancah nasional, yang merupakan alumni SMAN 1 Ciamis angkatan tahun 1980, kami berdiskusi tentang bagaimana meningkatkan retirbusi dan PAD," tuturnya.

Salah satunya mengoptimalkan retribusi parkir berbasis transaksi digital yang tidak akan lolos dari pengamatan pemerintah daerah. Contoh lainnya seperti apa yang dibaktikan Alumni SMAN 1 Ciamis angkatan tahun 1981, Iman Solihin yang telah sukses membangun Rumah Sakit Ortopedi di Purwokerto, dan kini membangun Rumah Sakit Ortopedi di Ciamis.

"Di daerah lain kan belum ada, dan beliau memilih membangun di Ciamis. Hal itu menjadi wujud baktinya bagi lemah cai, memacu peningkatkan kontribusi untuk daerah, termasuk dengan upaya menyerap tenaga kerja," katanya.

Jadi, ucap Aris, dalam Reuni Akbar kali ini, bukan hanya sekeda temu kangen, namun juga menjadi agenda penting untuk membangun kebersamaan, menggalang komitmen agar Alusmanis memberikan kontribusi manis bagi Ciamis.*

 

Baca pula : Alumni SMAN 1 Ciamis Harapkan Siswa Dominasi Perguruan Tinggi Negeri