SMPN 2 Ciamis Kirimkan Dua Siswa Jajal Kompetisi Pencak Silat

Sabtu, 09 November 2019 12:29 Clara Aditia Eskul

SMPN 2 Ciamis Kirimkan Dua Siswa Jajal Kompetisi Pencak Silat

 

Koropak.co.id - Sebuah kebanggaan kembali terukir di SMPN 2 Ciamis. Sekolah yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 241, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengirimkan dua siswanya untuk berlaga di ajang Bandung Lautan Api Pencak Silat Competition yang akan digelar di GOR C-Tra Arena Bandung, Minggu (10/11/2019).

Dua siswa tersebut, yakni Sarah Aprilia dan Andi Wahyudi, yang merupakan siswa kelas VII-E SMPN 2 Ciamis diberangkan secara simbolis, Jumat (8/11/2019).

Guru Olahraga sekaligus Penanggungjawab Program Non Akademik, Eto Suryaman, S.Pd menuturkan ajang Bandung lautan Api Pencak Silat Competition menjadi ajang untuk menyiapkan kedua siswa tersebut untuk berlaga di ajang Olimpiade Olahraga dan Sains Nasional (O2SN) yang digelar Januari atau Februari 2020 mendatang.

"Kami tidak menekankan target prestasi, kami berikan mereka dorongan untuk berlaga dengan enjoy. Kami tidak ingin mereka terbebani. Namun, Insyaallah kami optimis mereka dapat meraih prestasi," kata Eto.

Dikatakan Eto, selain Sarah dan Andi, SMPN 2 Ciamis juga memiliki siswa yang berhasil menorehkan prestasi membanggakan di bidang non akademik, yakni Samudro Wicaksono yang berhasil meraih medali perak di ajang Taekwondo tingkat Internasional di Bali, dan Wanda Partogi Sianturi yang berhasil meraih perunggu di kejuaran Taekwondo yang digelar di Bandung.

"Untuk pembinaan, dikarenakan di sekolah, olahraga Taekwondo tidak masuk ekstrakulikuler, maka pelatihan kedua siswa tersebut kami titipkan ke KONI Ciamis. Latihan digelar di luar jam pelajaran, agar jadwal sekolah mereka tidak terganggu," katanya.

Ditambahkan Eto, menjelang kompetisi, kedua siswa tersebut mendapat pemadatan latihan. Hasilnya keduanya berhasil berjaya di ajang Taekwondo bergengsi.

"Memang sejak awal penerimaan sisw, kami senantiasa mendata anak yang berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Kami jaring dan kami arahkan supaya mereka bisa fokus sehingga dapat meraih prestasi sesuai basic yang mereka punya," tutur Eto.


Baca : Luar Biasa! Siswa SMPN 2 Ciamis Berjaya di Laga Taekwondo Internasional

 

Namun, kata Eto, pihak sekolah sendiri memiliki kendala dalam pembibitan siswa tersebut, salah satu kendala utamanya adalah biaya untuk memfasilitasi siswa untuk berlaga di ajang-ajang adu prestasi.

"Kesulitan bagi kami adalah biaya, karena jika hanya dana mengandalkan dana BOS tidak akan mencukupi. Besar harapan kami, pemerintah dapat memberikan dukungan untuk pengembangan
olahraga. Memang, Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ciamis pernah menawarkan kelas olahraga, namun dananya tetap terbatas," katanya.*

 

Baca pula : Sukses, Pentas PAI Ciamis Diikuti 80 Peserta