Optimalkan Edukasi Anak Melalui Pengenalan Alam Terbuka

Jum'at, 08 November 2019 12:37 Adin Wardini Sekolah

Optimalkan Edukasi Anak Melalui Pengenalan Alam Terbuka

 

Koropak.co.id - Sebagai langkah edukasi bagi anak-anak agar lebih mengenal lingkungan sekitarnya, SDN Galunggung Tasikmalaya menggelar kegiatan pembelajaran di alam terbuka yang dilaksanakan di Padepokan Kampung Salapan Curug Cikaraha Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019).

Dijumpai Koropak selepas kegiatan, Guru Kelas IV B SDN Galunggung Tasikmalaya, Suhanda S.Pd mengatakan, pembelajaran di luar sekolah ini merupakan salah satu program dari pemerintah, yang menjadi penanaman edukasi pentingnya menjaga kelestarian hutan, keseimbangan alam dan pemanfaatan hutan bagi masyarakat.

"Program tersebut dilaksanakan agar anak-anak bisa mengenal apa yang ada di alam terbuka, termasuk mengenali pepohonan yang ada di sekeliling hutan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa Kelas IV SDN Galunggung Tasikmalaya dengan jumlah siswa 120 orang dengan materi pengenalan alam, penanggulangan bencana, Pemanfaatan hutan dan juga berbagai permainan yang layak untuk anak-anak," kata Suhanda.

 

 

Koropak.co.id - Optimalkan Edukasi Anak Melalui Pengenalan Alam Terbuka

 

Baca : Inilah Keseruan SDN Galunggung Tasikmalaya Bermain di Alam Terbuka

 

Ditambahkan Suhanda, dalam kegiatan ini, SDN Galunggung Tasikmalaya juga turut memberitahukan kepada anak agar mereka bisa peduli dengan lingkungannya serta diberikan pengertian mengenai bagaimana cara menjaga lingkungan yang baik.

"Untuk mengembangkan program pembelajaran yang ada di sekolah, kami mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan ini agar mereka bisa mengetahui dengan jelas mengenai kehidupan di lingkungan sekitar khususnya di lingkungan sekeliling Hutan," ujarnya.

Suhanda menuturkan, dengan adanya teknologi yang semakin modern dan pendidikan karakter yang dilaksanakan di lingkungan sekolah, diharapkan anak-anak bisa mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan yang baik.*

 

Baca pula : BPBD Kota Tasikmalaya Edukasi Kebencanaan Bagi Siswa