Padepokan Kampung Salapan Ajak Siswa Sekolah Dasar Belajar di Alam Terbuka

Kamis, 07 November 2019 20:56 Eris Kuswara Sekolah

Padepokan Kampung Salapan Ajak Siswa Sekolah Dasar Belajar di Alam Terbuka

 


Koropak.co.id - Ketua Pengelola Padepokan Kampung Salapan, Dian Hadianto menyambut baik kegiatan belajar di luar kelas yang dilaksanakan SDN Galunggung Tasikmalaya dalam memperingati Hari Anak Internasional yang dilaksanakan di Padepokan Kampung Salapan Curug Cikaraha Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya kegiatan tersebut sangat berperan penting bagi anak dalam mengenal dan mengetahui alam dan lingkungan sekitarnya.

"Kami dari Pengelola Kampung Salapan bersyukur kepada Tuhan bahwa tempat ini sangat bermanfaat, terlepas dengan kegiatan bersama yang dilakukan dari awal hingga akhir mulai dari pengenalan alam, pengenalan pertanian hingga pengenalan bencana. Semuanya itu dikemas menjadi sebuah permainan yang bertujuan agar anak-anak tidak merasa suasana baru," kata Dian.

Dikatakan Dian, ke depan, lahan seluas 5 hektare ini akan dilengkapi fasilitas-fasilitas penunjang agar lebih memadai untuk anak sekolah. Sehingga, tempat tersebut akan bisa berlanjut digunakan oleh berbagai sekolah lainnya untuk menggelar kegiatan belajar mengajar di alam terbuka.

 

 

Koropak.co.id - Padepokan Kampung Salapan Ajak Siswa Sekolah Dasar Belajar di Alam Terbuka

 

Baca : Spirit Hari Anak Nasional, Spirit Lindungi Anak Dari Diskriminasi

Dikatakan Dian, tidak semua anak mengetahui kehidupan di alam bebas, bahkan kebanyakan anak-anak yang hidup di daerah perkotaan lebih senang bermain indoor. Namun dia bersyukur bahwa SDN Galunggung Tasikmalaya mampu membuktikan pentingnya mengenalkan belajar di alam terbuka bagi anak-anak.

"Manfaatnya, menyadarkan anak agar lebih peduli lagi terhadap alam. Anak-anak bisa membuktikan materi yang dijumpainya di sekolah secara langsung di alam terbuka. Contohnya dalam Ilmu Pengetahuan Alam, ketika mempelajari bab pohon, anak-anak jangan dihadapkan dengan pohon yang ada di lingkungan sekolah saja, tetapi bagaimana caranya anak turut diperlihatkan pohon yang ada di alam terbuka," katanya.*

 

Baca pula : Forum Anak Kota Tasikmalaya, Pelopor Pembangunan Karakter Anak