Seminar GBBSI Pertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia

Selasa, 05 November 2019 19:09 Erni Nur'aeni Kuliah

Seminar GBBSI Pertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia


Koropak.co. id - Seminar Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia (GBBSI) yang digelar Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi di Gedung Mandala Unsil, Selasa (5/11/2019), merupakan upaya mempertahankan eksistensi Bahasa Indonesia.

Ketua Pelaksana Sefri Hidayat mengatakan Seminar GBBSI merupakan puncak kegiatan dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Sebelumnya, sudah kita gelar konser musikalisasi puisi, perlombaan puisi antar mahasiswa tingkat nasional, lomba menulis cerita pendek, hingga lomba debat Bahasa Indonesia tingkat SMA se-Jawa Barat," katanya

 

Koropak.co.id - Seminar GBBSI Pertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia (2)

 

Baca : Gebyar Bulan Bahasa Unsil Persiapkan Milenial Hadapi Era 4.0

 

Dalam Seminar GBBSI, ucap Sefri, dihadirkan tiga narasumber dengan disiplin ilmu Bahasa Indonesia yang tinggi, yakni Prof. Dr. Suminto A Sayuti (Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta), Dr. Ganjar Harimansyah (Pusat Pengembangan Bahasa dan Sastra), serta Dr. Arie Andriansyah (Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra).

"Di seminar ini, peserta tidak hanya mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia namun juga masyarakat umum bahkan guru-guru Bahasa Indonesia," katanya.

Ditambahkan Sefri, dalam seminar, dibahas secara lugas dan tuntas mengenai upaya mempertahankan eksistensi Bahasa Indonesia, hingga perkembangan bahasa yang dinamis di tengah pesatnya teknologi.

"Melalui seminar ini, kami harapkan wawasan Bahasa Indonesia dari para peserta dapat bertambah luas," ujar Sefri.*

 

Baca pula : UKM Teater 28 Tasikmalaya Jalin Silaturahmi Lewat Kreasi Seni