Gebyar Bulan Bahasa Unsil Persiapkan Milenial Hadapi Era 4.0

Selasa, 05 November 2019 19:03 Erni Nur'aeni Kuliah

Gebyar Bulan Bahasa Unsil Persiapkan Milenial Hadapi Era 4.0


Koropak.co. id - Saat ini dunia teknologi semakin maju. Bahkan arus informasi kian mudah dicari dari berbagai situs online di sebuah gawai. Berangkat dari hal tersebut, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi melaksanakan Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia (GBBSI) di Gedung Mandala Unsil, Selasa (5/11/2019).

Kepada Koropak, Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Jojo Nuryanto mengatakan kemajuan teknologi di era revolusi 4.0 menjadi persiapan pembekalan pengetahuan supaya arus teknologi tidak mencemarkan bahasa.

"Aktualisasi bahasa berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh sebab itu melalui GBBSI ini kami ingin memberikan aktualisasi bahasa dengan perkembangan teknologi, yang kami harapkan dapat diserap dan diterapkan oleh para peserta GBBSI ini," kata Jojo.

 

Koropak.co.id - Gebyar Bulan Bahasa Unsil Persiapkan Milenial Hadapi Era 4 (1)

 

Baca : Media Sambut Baik Diskusi Bahasa Indonesia

Jojo juga berharap, selain diinspirasi oleh orang lain, diharapkan generasi milenial, khususnya mahasiswa dapat mengaktualisasi bahasa oleh diri sendiri sebab bahasa akan terus berkembang seiring berkembangnya zaman.

"Bahkan ke depan, teknologi yang semakin berkembang bukan tidak mungkin akan menghilangkan pembelajaran secara tatap muka. Cukup menggunakan fitur-fitur online untuk berkomunikasi ataupun menyampaikan pelajaran. Oleh sebab itu, penguasaan bahasa sangatlah penting," tuturnya.

Jojo mengajak milenial untuk berakselerasi dalam bahasa agar dapat mengaktualisasikan diri dalam penguasaan bahasa. Hal itu sangat penting agar penguasaan Bahasa Indonesia tidak tergeser oleh bahasa asing.*

 

Baca pula : Seminar GBBSI Pertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia